IBL

Los Angeles Lakers berhasil menarik beberapa pemain veteran. Masalahnya sekarang, siapa yang bisa menyatukan mereka. Khususnya di ruang ganti. Bahkan Frank Vogel sebagai kepala pelatih diragukan untuk tugas ini. Rajon Rondo akan memainkan peran sebagai pemimpin di ruang ganti Lakers untuk musim depan.

Musim lalu, Jared Dudley berperan sebagai pemimpin di ruang ganti. Tugasnya pemain berusia 36 tahun itu memberi semangat, serta mengingatkan pemain tentang tugasnya masing-masing. Sementara, Dudley sekarang sudah direkrut Dallas Mavericks sebagai asisten pelatih. LeBron James, beberapa waktu lalu memberi pernyataan bahwa dirinya kehilangan sosok pemimpin di ruang ganti.

Baca juga: Umumkan Pensiun, Jared Dudley Gabung Tim Pelatih Dallas Mavericks

Sekarang Lakers tidak perlu khawatir, karena Rajon Rondo dengan suka rela akan mengambil peran Dudley. Rondo mengatakan hal tersebut dalam sebuah wawancara dengan Silver Screen & Roll baru-baru ini. Menurutnya, pemimpin di ruang ganti seharusnya orang yang tahu hal-hal yang diperlukan sebuah tim untuk meraih gelar juara liga.

"Seorang pemimpin di ruang ganti tidak bisa dipilih. Seorang pemain tidak bisa memutuskan kapan dia bisa mendapatkan tugas ini. Harus ditunjukkan setiap hari, baik dalam gim dan latihan," kata Rondo. "Seorang pemimpin harus konsisten. Tidak boleh berubah sesuai suasana hati. Dia harus memberi contoh dalam latihan, kedisiplinan dan konsistensi."

Rondo tahu bahwa selama ini Lakers punya Dudley, yang mengemban tugas tersebut. Karena Rondo pernah merasakan hal tersebut, khususnya di musim ketika Lakers menjadi juara NBA (2019-2020).

"Yang terpenting bagi saya adalah menjadi pendengar yang baik. Mulai dari Malik Monk hingga Trevor Ariza (termuda hingga tertua). Seorang pemimpin di ruang ganti harus berpikiran terbuka dan tidak menutup dirinya. Itu kunci kesuksesan tim. Saya tahu karena pengalaman bermain selama ini," imbuhnya.

Rondo tahu dengan pemain-pemain veteran, pertarungan sebenarnya bukan di dalam pertandingan. Pertandingan sudah dimulai selama di ruang ganti dan latihan. (tor)

Foto: Lakers Nation

Komentar