IBL

Dennis Schroder bukanlah satu-satunya pemain yang melewatkan kesempatan mendapatkan kontrak besar di NBA. Sebelumnya, di kurun lima tahun ke belakang, ada beberapa pemain yang juga mengalami hal serupa dan salah satu yang paling ramai ceritanya adalah Nerlens Noel.

Pada 2017, Noel yang menjalani musim pertamanya setelah ditukar ke Dallas Mavericks menolak perpanjangan kontrak empat tahun senilai AS$70 juta. Ia justru mengambil kontrak satu tahun senilai AS$4,1 juta dari Mavericks. Hal ini ia lakukan karena mendengarkan masukan dari Rich Paul, pendiri agensi pemain Klutch Sports.

Keputusan ini ternyata berbuntut panjang. Selasa, 24 Agustus 2021, Noel menggugat Paul dan Klutch Sports ganti rugi sebesar AS$58 juta karena ketidakmampuan mereka menjadi agen Noel. Di samping itu, Noel juga menganggap Paul telah menipunya untuk memutuskan hubungan kerja dengan Happy Walters, agen Noel sebelumnya. Kabar ini dilaporkan oleh sportsagentblog.com.

Noel bertemu pertama kali dengan Paul di acara ulang tahun Ben Simmons pada 2017 lalu. Di sana, Paul menyebutkan bahwa Noel adalah pemain yang layak mendapat bayaran AS$100 juta dan ia bisa mewujudkan hal tersebut. Rayuan ini membuat Noel melepas Walters dan merapat ke Klutch Sports.

Sayangnya, ucapan Paul tak pernah terwujud. Noel bahkan mendaku bahwa ia tidak pernah diperlakukan secara profesional oleh Klutch Sports. Kesepakatan yang ia jalin bersama Oklahoma City Thunder di 2018 ia sebut terjadi tanpa campur tangan Klutch Sports. Terlepas dari alpanya Klutch Sports dalam menjadi representasi Noel, mereka tetap mendapatkan 4 dan 2 persen komisi dari kontrak Noel dengan Mavericks dan Thunder.

Noel secara terang-terangan menuliskan bahwa Klutch Sports tidak pernah peduli dengan pemain yang ada di level menengah sepertinya. Agensi ini hanya fokus mengembangkan karier pemain bintang seperti LeBron James, Anthony Davis, dan Ben Simmons. Ia menyebut Norris Cole dan Shabazz Mohammad sebagai contoh kekacauan Klutch Sports.

Noel secara resmi keluar dari Klutch Sports pada Desember 2020 lalu. Sepanjang bergabung dengan Klutch Sports, ia mendapatkan bayaran tak pernah lebih tinggi dari AS$4,1 juta. Ia pun mendapati kabar bahwa tidak ada yang meminatinya di bursa pemain bebas. Faktanya, beberapa pelatih, termasuk mantan pelatih Sixers, Brett Brown, bicara langsung ke Noel bahwa ia ingin merekrutnya tapi tak mendapatkan respon dari Klutch Sports.

Kini, bersama George Langberg, Noel berhasil mendapatkan kesepakatan terbesarnya dengan nilai AS$32 juta untuk tiga musim ke depan bersama New York Knicks. Bersama George pula, Noel ingin membangun ulang citranya sebagai atlet dan berusaha mendapatkan sponsor yang sesuai dengannya. Namun, semuanya akan ia mulai dengan mengejar hak-hak miliknya yang dilewatkan begitu saja oleh Rich Paul dan Klutch Sports. (DRMK)

Foto: NBA

Komentar