IBL

Kawhi Leonard baru saja mendapatkan kontrak baru dari LA Clippers. Nilainya AS$176,3 juta untuk jangka waktu empat tahun. Namun dia kemungkinan besar akan absen selama musim 2021-2022 karena cedera ACL. Oleh sebab itu, Clippers seharusnya memotong gaji salah satu pemain bintangnya tersebut.

Pernyataan itu diungkapkan oleh analis NBA Stephen A. Smith dalam obrolan di "First Take" terbaru. Dia berbicara tentang situasi kontrak Leonard dengan Clippers. Menurut Smith, Leonard adalah pemain peringkat teratas di liga. Prestasinya juga luar biasa. Ditambah lagi, Leonard tercatat sebagai bintang di Clippers. Seharusnya, dia tidak boleh absen 20 pertandingan atau lebih, tanpa alasan cedera. Dengan kata lain, Leonard harus selalu ada di setiap pertandingan Clippers.

Tetapi kalau tidak bisa bermain selama satu musim karena cedera, maka Leonard layak mendapatkan pemotongan gaji. Smith juga menekankan bahwa Leonard sudah gagal mewujudkan target Clippers dalam dua musim terakhir. Smith menyinggung bahwa Clippers punya peluang juara di tahun 2021. Tapi semua rencana bubar ketika Leonard mengalami cedera ACL.

Setelah musim 2020-2021 berakhir, Leonard sudah punya rencana untuk masa depannya di Clippers. Dia menolak opsi pemain satu tahun seharga AS$36 juta untuk menjadi pemain "free agent". Namun di saat bersamaan, ternyata Leonard mengincar bayaran lebih tinggi dari Clippers. Hampir seminggu diskusi tersebut berlangsung, hingga akhirnya muncul kabar perpanjangan kontrak empat tahun.

"Kawhi adalah pemain yang luar biasa, dia pekerja keras, dan berusaha meningkatkan kemampuannya setiap hari," kata Lawrence Frank, selaku presiden operasi bola basket, dikutip dari marca.com.

"Kami memiliki banyak kesamaan, termasuk tentang rencana jangka panjang. Kami berusaha membuat tim yang mampu bersaing mendapatkan gelar juara. Kami ingin terus membangun tim bersama Kawhi."

Leonard sendiri sudah menjalani operasi ACL pada 13 Juli 2021. Tapi dia diperkirakan akan istirahat satu musim. Terakhir, Leonard terlihat menyaksikan pertandingan Clippers di NBA Summer League 2021 bersama Paul George dan Reggie Jackson. (tor)

Foto: Clips Nation

Komentar