IBL

Tim putra Amerika Serikat memastikan diri lolos ke fase knock-out setelah menang 119-84 atas Republik Ceko, di Saitama Super Arena, Sabtu malam. Amerika Serikat menempati peringkat kedua di Grup A dengan rekor 2-1. Sementara pemimpin klasemen tetap Prancis dengan rekor 3-0.

Kepala pelatih Gregg Popovich bisa bernafas lega. Sebab, Amerika Serikat menutup babak penyisihan Grup A dengan kemenangan atas Republik Ceko. Amerika Serikat menurunkan tim terbaiknya yaitu Kevin Durant, Bam Adebayo, Jrue Holiday, Devin Booker, dan Damian Lillard. Sayangnya, komposisi ini kurang bagus. Buktinya, hanya Durant dan Jrue yang bermain bagus di sepanjang babak pertama.

Amerika Serikat sempat tertinggal 18-25 di kuarter pertama. Namun mereka bangkit di kuarter kedua dengan mencetak 29 poin. Penyelamat Amerika Serikat di laga ini adalah Jayson Tatum. Bintang Boston Celtics tersebut membantu Durant dengan mencetak 27 poin dari bangku cadangan. Zach Lavine dan JaVale McGee juga tampil bagus dari lini kedua. LaVine mencetak 13 poin, sedangkan McGee memasukkan 10 poin dengan akurasi tembakan seratus persen (4/4).

Dari tim inti, Kevin Durant mendulang 23 poin, disusul Jrue Holiday dengan tambahan 11 poin. Amerika Serikat sekarang menunggu undian babak knock-out yang akan diselenggarakan setelah semua pertandingan babak penyisihan usai.

Sementara di tim Repulik Ceko, Blake Schilb mencetak 17 poin, disusul Ondrej Balvin (15 poin), Jan Vesely (13 poin). Tomas Satoransky (12 poin). Posisi Republik Ceko memang sulit. Untuk lolos ke babak selanjutnya, mereka harus berharap Argentina kalah. Sementara, Argentina akan berhadapan dengan tuan rumah Jepang, besok siang. (tor)

Foto: fiba.basketball

Komentar