IBL

Olimpiade merupakan kompetisi lintas cabang olahraga terbesar di dunia. Penyelenggaraannya selalu menarik perhatian masyarakat global, terutama negara peserta. Itu artinya, ada jutaan mata melihat. Maka, sorotan media pun tidak akan berhenti. Di sanalah peluang promosi merek fashion untuk unjuk gigi dengan karya-karya keren.

Pengenalan kontingen dan upacara pembukaan merupakan momentum paling tepat. Para atlet tampil di depan khalayak ramai mengenakan resmi kenegaraan. Di sinilah para merek berlomba tampil. Apalagi negara juga ingin dipandang memiliki skuad yang keren. Cukup adil, bukan?

Inilah sejumlah kerja antara merek besar dengan negara peserta Olimpiade Tokyo 2020:

Ben Sherman – Kontingen Inggris

Inggris hadir dengan mengusung tema formal. Ben Sherman menjadi penanggung jawab penyedia apparel. Sherman adalah seorang desainer dengan ciri khas kemeja oxford yang ikonik. Unsur itulah yang dibawa ke koleksi spesial bagi kontingen Inggris. Item paling diminati adalah celana berwarna khaki. Terinspirasi dari seragam tim kriket, polo, dan berkuda. Sementara atasan terbadik jatuh kepada kaus berkerah (polo) dengan ornamen minimalis dan elegan.

Ralph Lauren – Kontingen Amerika Serikat

Penggabungan kesan sporty dan formal dapat dilihat dari apa yang sudah disediakan Ralph Lauren untuk kontingen AS. Mereka sudah berpengalaman dalam ranah ini. Pakaian bikinan RL sudah tampil di Wimbledon dan Olimpiade episode sebelumnya. Sama-sama membuat kaus berkerah, RL memberi perbedaan dengan membubuhkan garis horizontal. Dalam rilis pers, disebutkan pula mereka menambah teknologi agar para atlet tetap merasa nyaman meski cuaca sedang terik.

Lacoste dan Le Coq Sportif – Kontingen Prancis

Prancis dijuluki sebagai negara mode. Puluhan merek busana nomor wahid berasal dari sana. Ajang beken macam Olimpiade tampaknya mudah bagi mereka untuk menunjuk merek yang punya kompetensi mumpuni dalam menyediakan setelan. Atasan sudah ditangani Lacoste. Merek olahraga bikinan Rene Lacoste, petenis legendaris. Sedangkan alas kaki disediakan Le Coq Sportif. Warna putih, merah, dan biru khas bendera kebanggaan bisa kita lihat dari atas sampai bawah.

Giorgio Armani – Kontingen Italia

Emporio Armani merupakan satu dari sejumlah merek legendaris Negeri Pizza. Mereka telah mengembangkan lini lagi bernama EA7 yang berfokus pada pembuatan pakaian olahraga. Warna biru tua dipilih sebagai warna utama. Penegasan bendera Italia ditempatkan pada bagian tengah dengan ukuran yang cukup besar. Dalam koleksinya kali ini, Armani sekaligus menunjukkan bahwa ia adalah desainer berkapabilitas menggabungkan kesan modis dan aktif dalam busana bikinannya.

Sportscraft – Kontingen Australia

Australia tampil formal dalam sesi pengenalan kontingen. Mereka memakai atasan berwarna putih dengan bawahan hijau tua. Para atlet perempuan tampil cantik dengan tambahan aksesori berupa scraft atau selendang pendek. Disediakan sendiri oleh Sportscarft, merek asli Negeri Kanguru yang sudah menjadi supplier resmi kenegaraan di bidang olahraga sejak Olimpiade Atlanta 1996. Sportscraft telah berekspansi dengan melebarkan produksi jenis pakaian lainnya.

Aoki – Kontingen Jepang

Delegasi Jepang memakai seragam rancangan AOKI Holding Inc., sponsor resmi Tokyo 2020. Seragam tersebut dibuat sebagai pakaian unisex yang bisa disesuaikan dengan spesifikasi para atlet. Pakaian yang mengusung warna bendera Jepang itu dibuat dari serat nabati yang ramah lingkungan dan memiliki fitur yang melindungi atlet dari panas.

The North Face – Kontingen Korea Selatan

Pembuat pakaian hangat The North Face sedang menapaki kolaborasi mewah setelah sukses bikin koleksi bareng Gucci, Supreme, dan lain sebaginya. Kali ini mereka bertugas menyediakan pakaian resmi untuk kontingen Korea Selatan. Krem jadi pilihan utama, terinspirasi dari warna guci tradisional yang tak lain adalah benda khas dari Korsel.

Anta – Tiongkok

Anta merupakan satu dari beberapa merek olahraga yang sedang naik daun dewasa ini. Mereka sudah merambah hampir ke berbagai cabang olahraga. Yang paling menterng adalah ketika berhasil masuk ke NBA hingga mengontrak pemain sebagai duta. Mereka pun hadir kembali sebagai apparel resmi kenegaraan. Desainnya dibuat simpel dan klasik. Warna putih-merah dengan bendera berada di dada kiri.

Foto diambil dari dokumentasi masing-masing kontingen

Komentar