IBL

Milwaukee Bucks memenangkan gelar pertamanya setelah 50 tahun, atau gelar juara NBA kedua sepanjang sejarah klub. Semua hal terkait Bucks dan Giannis Antetokounmpo menarik perhatian publik, termasuk jersey yang dikenakan MVP Final tersebut.

Dikutip dari situs Sportico, Ken Goldin, pendiri Goldin Auctions sudah memperkirakan harga jersey yang dikenakan Giannis di laga terakhir Final NBA 2021 tersebut. Menurut Goldin, kalau dilelang, harganya bisa mencapai AS$500 ribu atau setara dengan 727 juta rupiah. Harga itu bisa naik ketika ada tanda tangan The Greek Freak.

Semua itu karena permainan menawan Giannis di gim 6 Final NBA 2021. Dia mencetak 50 poin, dan mengakhiri puasa gelar Bucks setelah 50 tahun. Sementara itu, Giannis juga mencetak 40 poin atau lebih sebanyak tiga kali dalam seri final, dengan rata-rata mencetak 35,2 poin per gim dalam enam pertandingan.

"Itu adalah salah satu penampilan Final NBA terbaik dalam sejarah," kata Goldin.

Cerita di balik performa Giannis di playoff NBA 2021 juga berperan menaikkan harga barang-barang yang dipakainya. Giannis sempat absen di final wilayah timur karena cedera lutut. Tapi dia bisa kembali menemukan permainan terbaiknya. Dalam tiga gim terakhir, Giannis mencetak 40+ poin, termasuk 50 poin di gim keenam.

Pemain berusia 26 tahun itu juga mengalami tekanan mental yang besar ketika bermain di kandang Phoenix Suns. Penggemar tuan rumah selalu menghitung jumlah detik yang dibutuhkan Giannis saat melakukan tembakan gratis. Tapi dia bisa menghasilkan rata-rata 51 persen tembakan gratis dalam tiga pertandingan di kandang Suns.

Giannis menjadi pemain ketujuh dalam sejarah NBA yang bisa mencetak 50+ poin di Final NBA. Dia bergabung dengan Elgin Baylor, Michael Jorda, Rick Barry, Jerry West, LeBron James, dan Bob Petit. Nama terakhir bermain di posisi yang sama dengan Giannis. Tapi rekor poin di final NBA sampai saat ini masih dipegang oleh Baylor dengan catatan 61 poin pada tahun 1962.

Sampai sekarang belum diketahui apakah Giannis akan melelang jersey gim 6 itu atau tidak. Yang jelas, Goldin Auctions siap melakukan lelang bila Giannis punya keinginan untuk menjualnya. (tor)

Foto: R6Nationals

 

Komentar