IBL

Amerika Serikat berhasil mempertahankan gelar juara Piala Dunia FIBA U-19 usai mengalahkan Prancis di final dengan skor tipis 83-81, Minggu, 11 Juli 2021, waktu setempat. Ini adalah gelar kedelapan Amerika Serikat.

Tidak ada satupun negara selain Amerika Serikat yang pernah merasakan gelar juara lebih dari sekali sepanjang 15 kali penyelenggaraannya. Kanada jadi peraih medali perunggu di edisi kali ini.

Gim sebenarnya berlangsung sangat ketat. Amerika Serikat berusaha mengambil inisiatif sejak tepis mula. Mereka pun berhasil unggul 21-19 saat kuarter pertama berakhir. Di kuarter kedua, Prancis mulai menemukan sentuhan mereka dan berbalik unggul. Keunggulan ini cukup terjaga sampai awal kuarter empat.

Di sini petaka datang. Viktor Wembanyama yang di tiga kuarter pertama hanya membuat dua foul, dalam waktu tidak sampai tiga menit kuarter terakhir sudah terkenal foul trouble (tambah dua foul). Ia pun harus ditarik keluar dan Amerika Serikat mulai mengejar ketinggalannya. 

Amerika Serikat semakin mendekat di sisa empat menit pertandingan dan akhirnya Wembanyama kembali bermain. Sayangnya, tak berselang lama, ia akhirnya harus menutup gim hari ini karena fouled out.

Keluarnya Wembanyama membuat Amerika Serikat berbalik unggul bahkan sempat membuka jarak tujuh poin. Upaya Prancis mengejar di sisa satu menit pertandingan ditutup melalui tripoin Louis Lesmond yang membuat skor akhir menjadi 83-81.

Wembanyama sendiri tampil brilian di gim ini dengan 22 poin, 8 rebound, dan 8 blok. Ia memasukkan 6/14 tembakan (43 persen) dan sempurna 9/9 dari tembakan gratis. Di luar Wembanyama, ada tiga pemain Prancis lain yang mencetak dua digit poin, namun tak ada yang lebih dari 13 poin.

Di Amerika Serikat, distribusi poin lebih merata. Seluruh starter mereka mencetak dua digit poin dengan Kenneth Lofton Jr. sertan Jaden Ivey jadi top skor bersama. Lofton mencetak 16 poin dan 7 rebound dengan efektif, 7/12 tembakan (58 persen). Ivey juga tak kalah efektif dengan 16 poin hasil dari 6/10 tembakan (60 persen). 

Michael Miles tampil komplet dengan 11 poin, 7 rebound, dan 6 asis. Adam Miller menambahkan 12 poin sementara Chet Holmgren menutup daftar dengan 10 poin plus 5 asis.

 

Holmgren sendiri menutup turnamen sebagai pemain terbaik (MVP). Sepanjang turnamen, ia memiliki rataan 11,9 poin, 6,1 rebound, dan 3,3 asis pee gim. Gelar MVP otomatis membuatnya masuk ke best five tournament, atau lima pemain terbaik turnamen. Holmgren tak sendiri mewakili Amerika Serikat, Ivey juga masuk di daftar ini. Wembanyama menyusul lalu diikuti pemain Kanada, Zach Edey, dan wakil Serbia, Nikola Jovic. (DRMK)

Foto: FIBA

Komentar