IBL

Luka Doncic tak pernah setengah-setengah saat membela tim nasional Slovenia. Terakhir kali tampil, ia berhasil membawa Slovenia juara Euro Basket 2017. Sekarang, ia berhasil memimpin Slovenia melaju ke Olimpiade untuk pertama kalinya usai mengalahkan Lithuania 96-85, Minggu, 4 Juli 2021, waktu setempat.

Luka tampil luar biasa di final dengan catatan tripel-dobel 31 poin, 11 rebound, dan 13 asis. Perlu diingat, tidak seperti NBA, gim FIBA berlangsung 10 menit per kuarter (total 40 menit). Luka sendiri bermain total 34 menit dengan akurasi 56 persen (13/23). Luka adalah satu-satunya pemain dengan tripel-dobel di seluruh gim kualifikasi ini. Ia pun mendapatkan penghargaan pemain terbaik untuk grup Kaunas.

Kualifikasi Olimpiade ini sendiri diadakan di empat kota di empat negara dengan sistem turnamen. Slovenia tergabung di turnamen yang digelar di Kaunas, Lithuania. Tiga kota lain adalah Belgrade, Serbia, Victoria, Kanada, dan Split, Krossia. Masing-masing kualifikasi akan mengirimkan satu tim untuk melengkapi delapan tim yang sudah lolos otomatis ke Olimpiade melalui peringkat mereka di Piala Dunia FIBA 2019 Cina dan sebagai tuan rumah (Jepang).

Jika Slovenia lolos untuk pertama kali, maka Lithuania gagal lolos untuk pertama kali dalam sejarah keikutsertaan mereka. Di Belgrade, tuan rumah, Serbia harus rela melihat Italia berpesta usai menang di final dengan skor 102-95. Ini adalah Olimpiade pertama Italia sejak 2004.

Di Split, Kroasia sudah lebih dulu takluk di semifinal. Partai final mempertemukan Jerman melawan Brasil. Brasil sendiri tampil mengesankan dengan selalu mengalahkan lawan-lawannya di tiga gim sebelumnya dengan selisih setidaknya 26 poin. Sayangnya, di final, Brasil kecolongan dan kalah 75-64 atas Jerman. Ini akan jadi Olimpiade pertama Jerman sejak 2008. Sedangkan untuk Brasil, ini jadi kegagalan pertama mereka sejak 2012.

 

Terkahir, grup Victoria menghasilkan Republik Ceko sebagai pemenang. Republik Ceko mengalahkan Yunani dengan skor telak 97-72. Laga lebih sulit dialami Republik Ceko di semifinal. Berhadapan dengan tuan rumah, Kanada, gim berlangsung sampai tambahan waktu sebelum Tomas Satoransky mencetak tembakan kemenangan di sisa 0,5 detik pertandingan.

Pemain yang akrab disapa Sato itu pun mendapatkan gelar pemain terbaik di grup Victoria. Ini jadi Olimpiade pertama Republik Ceko sejak resmi memisahkan diri dari Cekoslovakia. 

Kepastian empat tim ini lolos ke kualifikasi juga memastikan pembagian grup untuk Olimpiade. Berikut pembagian grup dari basket Olimpiade 2020 Tokyo yang akan dimulai 25 Juli sampai 7 Agustus nanti. (DRMK)

Grup A

Amerika Serikat

Prancis

Iran

Republik Ceko

 

Grup B

Australia

Nigeria

Italia

Jerman

 

Grup C

Argentina

Jepang

Spanyol

Slovenia

Foto: FIBA

Komentar