IBL

Bicara seputar NBA bisa dibarengi dengan pembahasan tentang sepatu yang dipakai pemain. Sejatinya pemakaian sebuah sepatu tidak sepenuhnya mempengaruhi performa. Balik lagi ke skill "Si Pemakai" kalau soal itu. Tapi, tidak ada salahnya melihat rangking sepatu yang paling populer musim ini sebagai referensi.

Data ini ditampilkan oleh kixstats.com. Sebuah situs yang membuat laporan tentang perkembangan sepatu basket di Amerika Serikat. Mereka telah menyusun data selama satu musim. Tujuannya adalah melihat sepatu apa yang paling populer di antara yang lain.

Adidas Dame 7, satu-satunya sepatu di luar Nike yang masuk daftar 10 besar sepatu terpopuler musim ini.

Perlu diketahui bahwa tidak semua pebasket NBA terikat dengan satu merek olahraga. Malah ada banyak sekali. Mereka pun bisa memakai apapun yang dimau di lapangan Mengikuti selera, warna, hingga performa sepatu tersebut. Tak jarang seorang pemain memakai lebih dari satu sepatu dalam sekali bertanding.

Perhitungan yang dilakukan ada setiap edisi sepatu menyentuh lapangan kayu. Baik dipakai sejak kuarter pertama maupun dipakai di pertengahan laga. Angka yang disajikan belum termasuk babak semifinal dan laga puncak NBA.

Sembilan dari 10 besar sepatu paling populer datang dari Nike. Kixstats mencatat Kobe 5 berada di peringkat teratas. Edisi tersebut dipakai 2469 kali sepanjang musim. Anthony Davis, Khris Middleton, hingga Devin Booker terlihat sering memakainya. Dilanjutkan dengan Kobe 6 di peringkat kedua dengan 1980 kali dipilih pemain. Peringkat ketiga adalah KD13 yang dipilih sebanyak 1747 kali.

Edisi kedua sepatu signature Giannis Antetokounmpo berada di peringkat empat setelah berhasil mengumpulkan 1256 angka. Sedangkan nomor lima adalah edisi pertama Nike Zoom Freak, dipakai sebanyak 840 kali.

Lima besar sepatu paling sering dipakai merupakan sepatu berpotongan rendah. Tampaknya para pemain dewasa ini lebih menyukai sepatu dengan desain di bawah mata kaki. Memasuki peringkat enam dan tujuh barulah kita menemukan sepatu basket berpotongan sedang.

Air Jordan 35 berada di peringkat enam sementara Kyrie 7 ada di nomor tujuh. DIlanjutkan dengan Kobe 4 di nomor delapan. Adidas Dame 7 adalah satu-satunya sepatu selain Nike yang masuk di posisi 10 besar. Sepatu signature Damian Lillard tersebut dipakai 590 kali. Nomor 10 dikuasai oleh sepatu signature kelima dari Paul George.

Capaian ini terbilang mengagumkan sekaligus sebagai bukti nyata bahwa Nike masih jadi merek paling mendominasi di NBA. Kita bisa melihat perjuangan para pesaing seperti Adidas, New Balance, Puma, Anta, dan lain sebagainya yang coba mengganggu status tersebut. Tampak mereka harus berusaha lebih keras lagi agar menyamai torehan Nike musim ini. (ajb)

Foto: NBA Kicks, Kixstats.com

Komentar