IBL

Tim nasional (timnas) Amerika Serikat terus mengumpulkan nama-nama pemain untuk berlaga di Olimpiade 2020 Tokyo, Juli nanti. Setelah nama-nama seperti Damian Lillard, Bradley Beal, Jayson Tatum, hingga Kevin Durant menyatakan kesiapannya, Selasa, 22 Juni 2021, waktu setempat, tiga nama menyusul. Kevin Love (Cleveland Cavaliers) dan dua pemain Milwaukee Bucks, Jrue Holiday serta Khris Middleton adalah tiga nama tersebut. Kabar ini disampaikan oleh ESPN.

Munculnya nama Love mungkin terbilang cukup mengejutkan. Pasalnya, selain sudah tak membela Amerika Serikat sejak Olimpiade 2012, Love juga lebih banyak berkutat dengan cedera di level klub. Selepas menjadi juara NBA 2016 pun, Love bisa dibilang mengalami karier yang meredup.

Sebaliknya, Jrue dan Khris datang dengan semangat membara. Mereka masih belum libur hingga sekarang karena membantu Bucks melaju ke Final Wilayah Timur melawan Atlanta Hawks. Ini akan menjadi perjalanan final wilayah pertama mereka sekaligus Olimpiade pertama jika mereka nantinya benar berangkat. Ketersediaan keduanya akan membuat Gregg Popovich, Kepala Pelatih Amerika Serikat, memiliki lebih banyak opsi di lapangan belakang (backcourt).

Dengan ini, total sudah ada 11 nama yang menyatakan diri siap berlaga di Olimpiade Tokyo. Selain tujuh nama di atas, ada pula James Harden, Bam Adebayo, Draymond Green, dan bintang Phoenix Suns, Devin Booker, yang sudah siap terbang ke Tokyo. Di luar itupun, duet andalan Los Angeles Clippers, Paul George dan Kawhi Leonard juga dikabarkan siap, asal tidak dalam kondisi cedera. 

Olimpiade Tokyo bisa menjadi ajang balas dendam Amerika Serikat seiring kegagalan di Piala Dunia FIBA 2019 Cina. Kala itu, sederet nama-nama besar absen karena alasan jadwal yang padat. Dari nama-nama di tim kala itu, hanya ada Tatum dan Middleton yang kembali merapat.

Daftar pemain untuk Olimpiade Tokyo pun masih kemungkinan bertambah. Pasalnya, nama-nama seperti LeBron James, Anthony Davis, Julius Randle, hingga Trae Young sampai saat ini belum memberikan keterangan pasti apakah mereka mundur atau ikut. Jika mereka bersedia ikut, maka Amerika Serikat akan kembali menjadi unggulan untuk medali emas. (DRMK)

Foto: NBA/USA Basketball

Komentar