IBL

Sepatu para pebasket layak untuk disimak. Masih didominasi merek yang ‘itu-itu’ saja. Tapi, harus diakui kalau mereka juga menghadirkan bermacam inovasi juga cerita yang mengiringi produknya.

Sama dengan kita semua. Pemain basket pun ingin tampil paripurna di momen dan laga penting. Seragam jelas tidak bisa aneh-aneh. Harus pakai yang sudah ditentukan oleh klub. Satu-satunya media untuk berekspresi di atas lapangan tak lain adalah sepatu.

Sederet pemain tertangkap kamera memakai sepatu-sepatu edisi khusus pada babak Playoff kemarin. Baik itu PE (Player’s Exclusive), kolaborasi, edisi langka, atau keluaran umum tapi dengan warna apik. Babak semifinal sudah berjalan. Sepatu-sepatu keren lain pasti akan muncul lagi.

Tapi, sebelum masuk ke sana, tak ada salahnya menyimak deretan sepatu keren di babak Playoff. Inilah daftarnya:

 

LeBron James

Lakers tidak lolos. Tapi sepatu yang dipakai LeBron tetap jadi sorotan. Alih-alih pakai edisi ke-19, ia memakai dua sepatu retro. Yang pertama adalah Nike LeBron Ambassador 13 yang dirilis pertama kali pada 2011. Kedua, Nike Lebron 15 SVSM “Air Zoom Generation”.

Sepatu kedua terbilang cukup legendaris. Nama sepatu terinspirasi dari seri pertama sepatu yang dipakainya setelah bergabung dengan Nike. Warnanya diambil dari seragam tanding Saint Mary Saint Vincent (SVSM) yang tak lain adalah sekolah Lebron semasa SMA.

 

Trae Young

Pemuda yang permainannya cukup moncer. Ia sukses mencatatkan statistic menawan sepanjang musim ini hingga babak Playoff. Penampilan apiknya turut membuat Adidas kepincut untuk mensponsori. Salah satu klausul yang disanggupi Si Tiga Garis adalah membuat sebuah signature shoes.

Seperti yang sudah diharapkan, Young memakai Adidas Trae Young 1 dalam babak Playoff. Sekaligus mengenalkannya ke publik. Sebuah sepatu berkerah rendah dengan tambahan pengunci tali sepatu pada bagian atasnya. Warna pastel hias hijau yang dipakai Young kemarin. Bagus nggak?

 

Donovan Mitchell

Sama seperti Young. Mitchell memanfaatkan babak Playoff 2021 untuk mengenalkan sepatu signature-nya, yaitu Adidas D.O.N Issue #3.

Sekilas bentuknya terbilang mirip dengan seri kedua. Tapi, tampak ada beberapa detail tambahan sebagai pembeda. Bisa dilihat pada bagian tepat di mata kaki. Terdapat sebuah panel tambahan dengan lubang tali sebagai penambah kerapatan. Begitu pula dengan formasi temali yang sedikit berubah. Potongan rendah (low-cut) tampaknya masih jadi favorit Mitchell.

 

Luka Doncic

Pemain Dallas Maverick yang dapat mandat untuk mempopulerkan produk-produk dari Jordan selaku sponsor. Ia memakai Air Jordan 35 potongan rendah dan Jordan React Elevation. Untuk sepatu kedua, Doncic pertama kali memakainya pada akhir Agustus 2020, saat masa gelembung NBA.

Padanan warnanya mengingatkan pada Jordan Westbrook 1. Termasuk pemilihan potongan sedang (middle-cut) yang ditampilkan. Produk ini dijual di Indonesia. Di gerai-gerai tertentu dengan stok yang terbatas pula. BIsa juga berburu melalui para penjaja sepatu basket di forum jual-beli daring. Harganya bervariasi. Selamat berburu!

 

Damian Lillard

Atau yang memakai nama Dame D.O.L.L.A di panggung. Ia masih setia dengan Adidas. Menampilkan sederet sepatu signature yang tak kalah keren dengan musik rap yang ia bawakan. Di gim kelima, Dame memakai Dame seri 7 EXT/PLY bertuliskan “Opponent Advisory” (dalam pengawasan lawan) pada sisi luar.

Sayang sekali sepatu ini harus tertahan. Mengingat Portland Trailblazers gagal melaju ke babak selanjutnya. Tapi, bagi para penggemar Dame, seri ini bisa jadi referensi untuk memberi pesan bahwa pemain yang memakai bisa mengancam barisan pertahanan sehinggaharus  diawasi penuh oleh lawan.

 

Ky-D

Kevin Durant dan Kyrie Irving dikabarkan akan memiliki sebuah sepatu signature bareng. Memakai basis KD 14, Nike ingin merekam persahabatan dua penggawa Brooklyn Nets itu ke dalam sebuah sepatu. Bentuknya seperti sepatu Durant pada umumnya. Tapi, detail sepatunya terinpirasi dengan Nike Kyrie 1 “Dream”. Bentuk sepatunya ada di foto atas. Dipakai sendiri sama Durant.

Setali tiga uang, Irving juga memakai sepatu berkonsep demikian. Ia terabadikan sedang memakai Nike Kyrie 7 “Weatherman”, terinspirasi dari warna sepatu Nike KD 4.

 

P.J Tucker

Bicara tentang sepatu basket keren, pemain satu ini harus disebut. Pada babak Playoff, ia memakai tiga buah sepatu. Pertama, Nike KD 5 “All-Star Area 72”. Sepatu yang dipakai Durant pada babak NBA All-Star 2016. Kedua, Nike Zoom Kobe 6 Protro PE dengan warna seragam tanding Donetsk Tigers. Tim dari Ukraina yang pernah dibela Tucker. Tiga, Concepts x Nike Kyrie 4 “Green Lobster”. Sepatu basket dengan kemasan yang unik. Beli sepatu serasa mendapatkan sekotak lobster hijau segar.

Foto: NBA Kicks

Komentar