IBL

Trae Young memang sudah memakai sepatu signature pertamanya pada babak playoff NBA musim lalu. Permainan yang memukau membuat produk dengan mencantumkan identitasnya memiliki daya tarik tersendiri. Setelah menunggu sekitar enam bulan, Adidas akhirnya mengumumkan waktu perilisan seri pertama dari Adidas Trae Young.

Terdapat lima edisi dalam perilisan perdana. Seri pertama dinamai ‘ICEE’. Nama itu terinspirasi dari minuman kesukaan Trae di Kota Atlanta. Warnanya biru muda sehingga terlihat segar. Dirinya menceritakan kalau kerap membelinya sepulang sekolah. Diminum sembar perjalanan menuju rumah. Seri pertama akan dilepas pada 1 Oktober 2021 dengan harga ritel AS$140, atau setara Rp2 juta. Sepatu ini masuk dalam sampul majalah 'SLAM Kicks' edisi September 2021.

Di hari yang sama, dilepas pula edisi ‘ICEE Cotton Candy’. Kalau yang ini, Trae bercerita semasa kecil menyukai cotton candy atau permen kapas. Menu tersebut juga disediakan oleh ICEE. Sehingga Trae kecil jadi makin sering meminumnya. Pemilihan warna yang menarik dan ‘manis’ membuat sepatu ini jadi punya daya tarik.

Selang sebulan, Adidas bekerja sama dengan label rekaman So So Def dalam merilis dua sepatu. Adidas Trae Young 1 So So Def jadi bentuk apresiasi Trae terhadap label asal Kota Atlanta tersebut. Ia ingin mengangkat dampak yang dihasilkan atas kontribusi label itu. Hingga lahirlah nama-nama beken di kancah hip-hop dari kawasan selatan Amerika Serikat. Satu nama yang paling tenar adalah Jermaine Dupri.

Selanjutnya dinamain Adidas Trae Yount 1 So So Def ATL. Terinspirasi dari sejumlah papan iklan (billboard) yang tersebar di Kota Atlanta. Sebagian dari itu digunakan So So Def untuk mengenalkan musisi naungannya. Seri kedua ini berbeda dengan sebelumnya, terutama dari pemilihan warna. Meski waktu perilisan dan harga ritelnya sama.

Edisi terakhir dinamai Peachtree. Mengambil ide dari jalan Peachtree dan West Peachtree. Keduanya merupakan jalan utama Kota Atlanta sekaligus nadi bisnis di sana. Berbagai parade kerap dilaksanakan sebagai ikon kota. Trae mengangkat cerita tersebut ke dalam sebuah sepatu. Kabar baiknya, sepatu ini dihargai paling terjangkau, yaitu AS$130 atau sekira Rp1,8 juta. Dilepas pada 19 November 2021. Trae sudah memakainya pada babak Playoff NBA musim 2020-2021.

Pihak sponsor meramaikan lagi perilisan produk sepatu dengan membuat koleksi pakaian. Terdiri dari zip-hoodie, celana panjang, dan celana pendek. Semuanya dilepas pada 1 Oktober 2021. (ajb)

adidas Trae Young 1 'ICEE'

 

adidas Trae Young 1 'ICEE Cotton Candy'

 

adidas Trae Young 1 'So So Def'

 

adidas Trae Young 1 'So So Def ATL'

 

adidas Trae Young 1 'Peachtree'

 

Koleksi pakaian adidas Trae Young

Foto: adidas Basketball

Komentar