IBL

Sejak akhir tahun 2019, Converse terus berinovasi terhadap produk Renew sebagai bentuk komitmen kuat perusahaan untuk mewujudkan masa depan bebas limbah. Bulan lalu, merek sepatu asal Amerika Serikat itu meluncurkan produk terbaru berbahan daur ulang yang diberi nama Renew Chuck Taylor All Star Crater Knit.

Diawal koleksinya, Converse meluncurkan Renew Cotton menggunakan proses baru yang menggabungkan 40 persen sisa kanvas kapas daur ulang dari pembuatan alas kaki, untuk menghasilkan benang baru yang dimanfaatkan sebagai materi kain mentah bagian atas kanvas. Tahun lalu, kampanye Renew menandai era baru desain dari merek tersebut yaitu mengubah bahan bekas menjadi sepatu kets paling ikonik dan disukai di dunia.

Ada dua bahan yang dibuat oleh Converse. Pertama yaitu Renew Canvas yang terbuat dari 100 persen polyester daur ulang dari botol plastik bekas. Kemudian yang kedua adalah Renew Denim, termasuk tekstil daur ulang yang dipotong dan dibuat di bagian atas Chuck Taylor dan Chuck 70.

Converse memulai perjalanan keberlanjutannya dengan Chuck Taylor untuk mencapai skala global dengan cepat dan untuk mempercepat upayanya dalam mengurangi limbah. Ratusan ribu pasang Chuck sekarang dibuat dari bahan daur ulang yang mampu mengalihkan berton-ton limbah dari tempat pembuangan sampah.

Chuck telah menjadi sneaker ikonik karena berubah seiring waktu, dengan pengalaman masing-masing individu di dalamnya dan upaya besar mengurangi limbah dalam produksinya sebagai salah satu cara dalam evolusi kanvas.

(Sumber: Converse Indonesia)

Selain menciptakan produk yang ramah lingkungan, sejak akhir tahun lalu, Converse Indonesia menggagas sebuah kampanye global untuk membersihkan udara kota melalui Converse City Forests, sebuah kampanye sustainable street art melalui melukis mural yang memadukan seni jalanan dengan kepedulian anak muda terhadap lingkungan.

Kampanye Converse City Forests digagas di 14 kota di dunia, termasuk antara lain Jakarta (Indonesia), Sao Paulo (Brazil), Manila (Filipina), Bangkok (Thailand), Sydney (Australia) dan masih banyak kota lainnya. Converse secara aktif mencari cara untuk menjaga momentum terus berjalan, menggandeng seniman lokal di berbagai penjuru Indonesia, dan dunia, untuk mendukung misinya menciptakan udara segar di berbagai kota. Hingga saat ini, sudah 8,033 pohon yang “ditanam” melalui Kampanye Converse City Forests. (tor)

Foto: Converse Indonesia

Komentar