IBL

NBA merilis nomine peraih enam penghargaan individu untuk musim reguler 2020-2021. Mulai dari Coach of the Year, Defensive Player of the Year, MVP, Rookie of the Year, Most Improved Player, dan Sixth-Man of the Year. Masing-masing kategori diisi tiga nomine.

Nomine MVP NBA 2021

Dua dari tiga nama nomine MVP musim ini sudah diprediksi sebelumnya yaitu Nikola Jokic dari Denver Nuggets dan Joel Embiid dari Philadelphia 76ers. Namun menariknya, muncul nama Stephen Curry milik Golden State Warriors sebagai nomine. Dengan tiga nama tersebut maka LeBron James dan Kevin Durant otomatis gugur. Pasalnya bintang Los Angeles Lakers dan Brooklyn Nets tersebut absen karena cedera hampir setengah musim.

Nomine Rookie of the Year 2021

Gelar sebagai pemain debutan terbaik diperebutkan oleh tiga orang yaitu LaMelo Ball dari Charlotte Hornets, Anthony Edwards dari Minnesota Timberwolves, dan Tyrese Haliburton dari Sacramento Kings. LaMelo sebagai pilihan ketiga dalam Draft NBA 2020 tampil selama 51 pertandingan dengan catatan rata-rata 15,7 poin, 5,9 rebound, dan 6,1 asis. LaMelo membuat Hornets lebih gereget musim ini. Tapi pesaingnya untuk gelar ini sangat berat. Anthony Edwards sebagai pilihan pertama dalam Draft NBA 2020 menunjukkan kualitasnya. Dia tidak pernah absen musim ini, alias tampil 72 pertandingan dengan kontribusi rata-rata 19,3 poin, 4,7 rebound, dan 2,9 asis. Sementara itu, dari tim Kings, Tyrese Haliburton tampil luar biasa dengan catatan rata-rata 13,0 poin, 3,0 rebound, dan 5,3 asis dari 58 pertandingan musim ini.

Defensive Player of the Year 2021

Nomine untuk penghargaan ini ada tiga pemain yaitu Rudy Gobert dari Utah Jazz, Draymond Green milik Golden State Warriors, dan Ben Simmons dari Philadelphia 76ers. Persaingan untuk gelar ini juga sengit. Gobert dan Simmons masing-masing berperan mengantarkan timnya ke puncak klasemen musim reguler. Sementara Green berhasil membuat Warriors lebih kuat dalam pertahanan musim ini dan masuk Play-In Tournament. Musim lalu, Warriors ada di dasar klasemen Wilayah Barat.

Most Improved Player 2021

Tiga nama yang jadi finalis peraih penghargaan ini yaitu Jerami Grant (Detroit Pistons), Michael Porter Jr. (Denver Nuggets), dan Julius Randle (New York Knicks).

Grant musim lalu bermain untuk Denver Nuggets. Dari 72 pertandingan, dia mencetak 12,0 poin, 3,5 rebound, dan 1,2 asis. Sedangkan bersama Pistons musim ini, dia mencetak rata-rata 22,3 poin, 4,6 rebound, dan 2,8 asis dalam 54 pertandingan. Michael Porter Jr. tampil luar biasa musim ini, khususnya dari kontribusi poin. Dari 9,3 poin per gim musim lalu, meningkat jadi 19,0 poin per gim musim ini. Khususnya di putaran kedua, dia bisa menggantikan tugas Jamal Murray yang cedera. Sementara Julis Randle tidak perlu diragukan lagi. Dari 19,5 poin musim lalu meningkat jadi 24,1 musim ini. Randle sudah jadi bintang utama Knicks dengan tampil sebanyak 71 gim di musim reguler 2020-2021.

Sixth-Man of the Year 2021

Di kategori ini ada dua nama pemain dari klub yang sama, yaitu Jordan Clarkson dan Joe Ingles. Keduanya sama-sama milik Utah Jazz. Jazz tampil perkasa musim ini dengan catatan rekor pertandingan 52-20. Salah satu faktornya yaitu kedalaman roster terutama di lini kedua. Kehadiran Clarkson dan Ingles membuat kekuatan Jazz merata di semua lini. Kemudian nama ketiga yang masuk jadi finalis adalah Derrick Rose, yang sekarang bermain untuk New York Knicks. Meski dalam beberapa bulan terakhir dia masuk tim inti Knicks, namun sejak tampil untuk Detroit Pistons, Rose sudah identik dengan bangku cadangan.

Coach of the Year 2021

Tiga nama pelatih yang jadi finalis penghargaan ini yaitu Quin Snyder (Utah Jazz), Tom Thiboedau (New York Knicks), da Monty Williams (Phoenix Suns). Ketiga pelatih membuat timnya masing-masing lebih baik musim ini. Jazz jadi pemimpin klasemen Wilayah Barat, disusul oleh Suns di peringkat kedua. Sementara Knicks menjadi unggulan keempat di Wilayah Timur dengan rekor 41-31.

Pengumuman pemenang penghargaan individu NBA 2021 akan dilakukan selama penyenggaraan Playoff 2021, yang dimulai pada Sabtu, 22 Mei 2021. (tor)

Foto: nba.com

Komentar