IBL

Hari ini, musim reguler NBA 2020-2021 resmi berakhir. Normalnya, setelah musim reguler, maka fase selanjutnya adalah playoff. Tapi berbeda untuk musim ini, ada Play-In Tournament untuk memperebutkan posisi tujuh dan delapan di klasemen masing-masing wilayah. Skenario tersebut dibuat untuk menambal jumlah pertandingan musim ini yang hanya berjumlah 72 gim untuk masing-masing tim.

Kalau biasanya, delapan tim langsung masuk playoff, musim ini hanya ada enam tim yang mendapatkan tiket istimewa tersebut. Dari Wilayah Barat, ada Utah Jazz sebagai pemimpin klasemen dengan rekor pertandingan 52-30, disusul Phoenix Suns (51-21), Denver Nuggets (47-25), LA Clippers (47-25), Dallas Mavericks (42-30), dan terakhir Portland Trail Blazers (42-30). Sedangkan untuk Wilayah Timur, Philadelphia 76ers menempati peringkat pertama dengan rekor pertandingan 49-23, diikuti Brooklyn Nets (48-24), Milwaukee Bucks (42-26), New York Knicks (41-31), Atlanta Hawks (41-31), dan Miami Heat (40-32). Mereka langsung mendapatkan lawan masing-masing, kecuali peringkat pertama dan kedua, karena harus menunggu hasil dari Play-In Tournament.

Kini soal Play-In Tournament. Jadwal pelaksanaannya mulai Selasa, 18 Mei 2021 hingga Jumat, 21 Mei 2021, waktu Amerika Serikat. Mereka yang bertanding di Play-In Tournament adalah tim peringkat ketujuh sampai ke-10 dari masing-masing konferensi.

Format yang dipakai unik. Tim peringkat tujuh dan delapan akan bertanding satu kali. Pemenangnya, langsung masuk ke babak playoff sebagai unggulan ketujuh. Mereka ditunggu tim unggulan kedua di putaran pertama playoff. Sementara yang kalah, akan bertanding lagi melawan pemenang dari pertandingan tim peringkat sembilan dan sepuluh.

Jadi tim yang kalah dari pertandingan peringkat tujuh dan delapan tidak langsung gugur. Mereka masih punya kesempatan sekali lagi untuk berjuang mendapatkan tiket playoff. Sedangkan tim yang kalah dari pertandingan peringkat sembilan dan sepuluh otomatis gugur.

Untuk lebih jelasnya, lihat bagan di bawah ini:

(Sumber: nba.com)

Di Wilayah Barat, juara bertahan Los Angeles Lakers tidak bisa mempertahankan dominasi mereka di liga, setelah badai cedera melanda. Lakers pun terpaksa turun di peringkat ketujuh. Menariknya, lawan mereka kali ini bukan tim sembarangan, melainkan Golden State Warriors, yang sedang panas. Pertemuan LeBron James dan Stephen Curry di fase ini akan sangat menarik untuk disaksikan. Pemenang dari laga Lakers melawan Warriors akan langsung bertemu Phoenix Suns. Sedangkan di urutan sembialn dan seputuh ada Memphis Grizzlies dana San Antonio Spurs.

Beralih ke Timur, tampaknya Boston Celtics harus turun ke zona Play-In Tournament musim ini. Lawannya cukup mengejutkan, yaitu Washington Wizards. Duet Russell Westbrook sang Mr. Tripel-Dobel dengan Bradley Beal tampaknya tidak boleh dipandang sebelah mata oleh Celtics. Pemenang dari laga ini akan berhadapan dengan Brooklyn Nets yang punya trio James Harden, Kevin Durant, dan Kyrie Irving. Sementara di peringkat sembilan dan sepuluh ada Indiana Pacers dan Charlotte Hornets.

Babak playoff NBA 2021 akan dimulai pada 22 Mei 2021. (tor)

Foto: Essentially Sports

 

Komentar