IBL

Tidak banyak yang mengira bahwa rekor selama 47 tahun yang dipegang Oscar Robertson akan pecah. Catatan 181 tripel-dobel tampak tidak masuk akal dikejar oleh siapapun. Bahkan, pemain sekaliber Magic Johnson yang memiliki postur dan permainan mumpuni hanya mampu membukukan total 138 tripel-dobel sebelum pensiun.

Namun, lima musim yang lalu, rekor tersebut jadi masuk akal untuk dikejar. Russell Westbrook yang kala itu membukukan 42 tripel-dobel dalam satu musim membuka harapan bahwa pencapaian Oscar masih mungkin disalip. Hingga akhirnya, hari ini, 10 Mei 2021, waktu setempat, Westbrook akhirnya benar-benar memecahkan rekor tersebut.

Di sisa 8:38 detik kuarter empat, Westbrook mendapatkan rebound ke-10 nya saat Washington Wizards bertamu ke Atlanta Hawks. Rebound tersebut melengkapi tripel-dobel ke-182 sepanjang kariernya yang dimulai sejak 2009 lalu. Westbrook secara resmi menjadi Mr. Tripel-dobel terbaru NBA menggantikan Oscar.

Westbrook sebenarnya berpeluang menutup malam dengan sempurna. Sayangnya, tripoin Westbrook di penguasaan bola terakhir Wizards yang berujung pada percobaan tripoin gagal menemui sasaran. Wizards harus mengakui kemenangan Hawks dengan skor tipis 125-124. Westbrook menutup gim dengan 28 poin, 13 rebound, dan 21 asis. 

Secara keseluruhan, sebenarnya Westbrook dan Wizards tampil cukup apik, apalagi di kuarter terakhir. Mencetak 45 poin di kuarter empat saja dan total akurasi lebih dari 50 persen, Wizards kalah karena memberikan Hawks terlalu banyak tembakan gratis. Hawks 26 kali melakukan tembakan gratis dan hanya gagal tiga kali.

Rekor Westbrook diyakini masih akan bertambah, maksimal di sisa tiga gim musim reguler ini. Dengan usia masih 32 tahu dan kondisi tubuh yang prima, bukan tidak mungkin Westbrook akan menyentuh atau bahkan melewati batas 200 tripel-dobel di tengah musim depan. Jika itu benar-benar terjadi, entah kapan lagi kita akan bisa menyaksikan rekor tersebut terpecahkan. Untuk sekarang, mari menikmati momen di mana Russell Westbrook adalah seorang legenda, Mr. Tripel-dobel terbaru NBA! (DRMK)

Foto: NBA

Komentar