IBL

Persaingan di NBA tak melulu tentang persaingan di lapangan. Di luar lapangan pun, daya tarik NBA kerap menyajikan persaingan seru. Salah satunya tentu saja persaingan antara barisan merek olahraga. Persaingan untuk mendapatkan talenta terbaik dalam merepresentasikan merek mereka kerap menjadi bumbu-bumbu seru dalam prosesnya.

Terbaru, ESPN mengabarkan bahwa Nike, merek terbesar di pasar NBA baru saja menyepakati kerja sama dengan bintang muda Sacramento Kings, Tyrese Haliburton. Meski belum diketahui besaran dalm durasi kerja sama ini, mengingat status Haliburton yang masih ruki, rasanya kontrak ini akan lebih dari dua tahun.

Merapatnya Haliburton ke Nike pun menimbulkan spekulasi mengenai persaingan merek dagang. Masih segar diingatan, dua ruki terdepan musim lalu, Ja Morant dan Zion Williamson berada dalam keluarga Nike (Zion bergabung ke Jordan Brand). Sedangkan musim ini, Nike kehilangan kesempatan atas dua nominasi terkuat untuk gelar ruki terbai, LaMelo Ball dan Anthony Edwards.

Melo yang sudah menjadi bintang sejak masih SMA kerap berganti-ganti sepatu sebelum akhirnya merapat ke Puma. Sedangkan Edwards sudah cukup jatuh cinta dengan adidas dari masa kuliah hingga akhirnya memutuskan tak beranjak ke merek lain, meski tawaran itu ada. Haliburton sebagai peringkat tiga di persaingan ruki terbaik menjadi pilihan paling relevan untuk Nike.

Terlepas dari hal itu, Haliburton juga sudah akrab dengan Nike sejak bangku kuliah. Di musim ini pun, meski selalu menggunakan sepatu yang berbeda di setiap gimnya, Haliburton tak pernah beranjak dari Nike. Mulai dari deretan Kobe lawas, Kobe terbaru, hingga Kevin Durant 4 pernah menjadi bagian dari rotasi sepatunya. Hal ini harusnya membuat komunikasi menemukan sepakat antara Nike dan Haliburton tak berlangsung sulit.

Di tengah skuat muda Kings dan fakta bahwa ia adalah cadangan dari De’Aaron Fox, Haliburton menunjukkan kapasitasnya dengan rataan 12,8 poin, 3,0 rebound, dan 5,1 asis per gim. Haliburton memimpin barisan ruki untuk akurasi tripoin di angka 41 persen yang membuat efektivitas tembakannya pun sangat baik di angka 57 persen (eFG%).

Haliburton menambah sesak jajaran keluarga Nike di NBA. Di sisi lain, kesepakatan ini juga memastikan satu hal, Haliburton tak perlu bingung lagi untuk berganti sepatu. Kini ia bisa menggunakan sepatu baru di setiap gim yang ia mainkan tanpa perlu repot berpikir membelinya. Selamat Tyrese! (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar