IBL

Bam Adebayo mencetak dua poin dengan step back jump shot, tepat sesaat sebelum waktu pertandingan normal berakhir. Ternyata keputusan yang diambilnya kali ini tepat. Tembakan tersebut membawa Miami Heat menang atas Brooklyn Nets dengan skor 109-107 di American Airlines Arena, Minggu malam, waktu setempat. Nets sudah lumpuh sejak awal laga saat Kevin Durant harus kembali masuk ruang ganti karena cedera paha.

Situasi di pertandingan benar-benar menegangkan. Nets unggul 107-101 setelah Kyrie Irving mencetak dua tembakan gratis di sisa waktu tiga setengah menit. Heat perlahan mendekati Nets yang mengalami kebutuan saat menyerang. Diawali dengan alley oop dunk dari Adebayo, Heat menyusul 103-107.

Saat waktu tersisa dua menit, Trevor Ariza dengan tenang bisa mencetak dua poin dengan floater. Ariza sendiri mencetak 15 poin di pertandingan tersebut. Kemudian, Heat akhirnya menyamakan kedudukan setelah Goran Dragic mencetak dua poin dengan layup. Kepala pelatih Nets Steve Nash pun meminta time out.

Setelah itu, upaya Kyrie Irving membuat tripoin, ternyata gagal. Bola dapat diamankan oleh Dragic, yang langsung memberikannya pada Bam Adebayo. Sebenarnya Adebayo bisa saja menahan bola tersebut dan membiarkan waktu bergulir sampai habis, sehingga laga dilanjutkan ke babak playoff. Tapi dia punya ide lain. Ini adalah skenario yang telah dia bayangkan dalam benaknya berkali-kali, skor sama kuat, bola di tangan, dan waktu terus berjalan.

"Ini momen saya," kata Adebayo, menirukan suara hatinya.

Adebayo melaju ke kiri, berhenti dan melepaskan tembakan akurat sebelum buzzer berbunyi. Semua orang tidak menyangka dia akan melakukan itu. Bahkan seorang Kyrie Irving yang berdiri di sampingnya, justru fokus menjaga penembak jitu Heat.

"Dia membuat keputusan yang benar," kata pelatih Heat Erik Spoelstra. "Dia menoleh ke bangku cadangan, dan saat itu kami melakukan kontak mata. Saya mengangkat tangan memberi isyarat kepadanya untuk melakukan tembakan terakhir."

Adebayo menyumbang 21 poin dan 15 rebound untuk Heat. Mereka sempat tertinggal yang tertinggal enam poin pada menit-menit terakhir, sebelum mengakhiri pertandingan dengan keunggulan 10-2. Goran Dragic mencetak 18 poin, Kendrick Nunn menambahkan 17 poin.

Di kubu Nets, Landry Shamet mencetak 30 poin. Sedangkan Kyrie Irving menyumbang 20 poin. Nets masih belum bisa memainkan James Harden yang cedera hamstring. Sementara di laga tersebut, Kevin Durant keluar di awal kuarter pertama karena cedera paha kiri. Durant hanya bermain empat menit dengan kontribusi delapan poin.

"Dia sakit, tapi kami tidak tahu seberapa parahnya," kata pelatih Brooklyn Steve Nash.

Miami Heat akan berhadapan dengan Houston Rockets, besok malam. Sementara Nets akan bertandang ke markas New Orleans Pelicans, Selasa malam, waktu Amerika Serikat. (tor)

Foto: nba.com

Komentar