IBL

Pada awal musim 2020-2021, bintang Brooklyn Nets Kevin Durant menjadi sosok yang digadang-gadang bakal menjadi MVP liga. Tapi saat ini, nama Durant tampaknya sudah tercoret dari daftar calon peraih gelar pemain terbaik musim ini. Sebab, Durant sudah absen 31 pertandingan karena cedera hamstring.

Catatan statistik Durant sebenarnya bisa dijadikan pertimbangan. Musim ini, Durant mencetak rata-rata 28,1 poin, 7,3 rebound, 5,3 asis, dengan akurasi tembakan 52,8 persen, dan tripoin 43,7 persen. Dia layak masuk bursa calon MVP musim ini. Tetapi karena sempat absen 31 pertandingan, maka bisa berpengaruh pada penilaiannya.

Meski peluang Kevin Durant menjadi MVP liga sangat kecil, tapi dirinya bisa mendorong rekan setimnya di Nets. Durant sebenarnya bisa membantu James Harden untuk bisa memenangkan trofi Maurice Podoloff tersebut. Tapi dia memilih untuk tidak mendukung Harden. Karena tujuan utamanya adalah mencari gelar juara NBA. Bukan lagi perburuan gelar individu.

"Saya merasa bahwa kriteria untuk menjadi pemain terbaik bisa berubah setiap hari. Ini hanya soal membangun persona di liga ini. James (Harden) bermain di level ini. Tetapi banyak pemain yang bisa melakukannya juga," kata Kevin Durant kepada Rachel Nichols dari ESPN.

Harden mencetak rata-rata 25,4 poin, 8,7 rebound, dan 11,0 asis dari 34 pertandingan bersama Nets. Namun yang terpenting, Harden bisa menjaga Nets tetap di papan atas klasemen Wilayah Timur, saat Durant harus berkutat dengan rehabilitasi dan Kyrie Irving yang belum stabil. Harden bisa kembali bersemangat setelah keluar dari Houston Rockets.

Sementara itu, persaingan MVP tahun ini diramaikan oleh Nikola Jokic dari Denver Nuggets, dan Joel Embiid dari Philadelphia 76ers. Jokic dalam 53 pertandingan bersama Nuggets mencetak rata-rata 26,2 poin, 10,9 rebound, dan 8,8 asis. Sedangkan Embiid membukukan 29,4 poin, 11,1 rebound, dan 3,1 asis dari 35 pertandingan.

Namun kembali lagi, Durant ingin memastikan bahwa para pemain fokus dengan satu tujuan, yaitu menjadi juara liga musim ini. Di sisa pertandingan musim reguler, mereka ingin memenangkan semua pertandingan agar bisa menempati puncak klasemen Wilayah Timur. Durant memilih untuk tidak berbicara lebih jauh soal MVP. Dia tidak ingin mendapatkannya, dan tidak mau mendukung salah satu rekannya. (tor)

Foto: New York Latest News

 

Komentar