IBL

Brooklyn Nets pada awal bulan Maret lalu mengumumkan bahwa pemain bintangnya, Kevin Durant akan absen dua pertandingan setelah jeda All-Star 2021. Namun sampai sekarang Durant belum muncul di pertandingan. Ternyata ada fakta mengejutkan di balik cedera hamstring yang menimpanya. Dugaan sementara, cedera Durant bisa lebih parah dari yang dibayangkan.

Pada awal musim 2020-2021, Durant tampil mengejutkan bersama Nets. Banyak yang meyakini bahwa dirinya sudah sembuh total dari cedera Achilles. Bahkan dengan rata-rata 29,0 poin, 7,3 rebound, dan 5,3 asis per pertandingan, Durant dianggap jadi salah satu kandidat peraih MVP musim ini. Performanya yang menawan juga membuat para penggemar NBA memilihnya sebagai kapten tim Timur dalam All-Star 2021.

Tetapi kepanikan mulai muncul. Durant tidak segera kembali ke lapangan. Bahkan sudah hampir empat minggu sejak diumumkan dia cedera. Akhirnya Brian Lewis dari New York Post mencoba mencari fakta baru tentang cedera Kevin Durant. Dia menemui seorang ahli ortopedi terkemuka yang mengungkapkan sebuah fakta menarik.

Menurut ahli bedah ortopedi Laith Jazrawi, setidaknya butuh satu sampai dua bulan untuk penyembuhan cedera seperti itu. Hamstring adalah salah satu tendon terbesar dalam tubuh manusia. Bila ada masalah, maka akan sulit disembuhkan karena bisa berpengaruh pada otot di sekitar paha.

"Otot tersebut terlibat di hampir setiap gerakan dalam tubuh manusia. Begitu kita bergerak, berlari, mengubah arah, semuanya melibatkan otot yaang dinamakan ischio," kata Laith Jazrawi.

Jadi dari penjelasan tersebut didapatkan pencerahan bahwa Kevin Durant tidak akan kembali ke lapangan dalam waktu dekat. Butuh perawatan intensif dan butuh waktu lama. Tidak hanya sekadar absen dua pertandingan saja.

Tak hanya itu saja, dalam investigasinya, Lewis menyebut bahwa cedera Durant juga disebabkan adanya komunikasi yang buruk antara staf kepelatihan Brooklyn Nets dengan dokter yang memeriksa kondisi Durant. Awalnya cedera tersebut tidak dianggap sebagai masalah serius. Tim pelatih di Nets masih mengizinkan Durant tampil. Kemudian, ketika dia merasakan sakit, staf kepelatihan hanya mengumumkan bahwa Durant cedera ringan. Dia akan kembali ke lapangan setelah istirahat dua pertandingan.

Tapi justru yang terjadi sebaliknya. Durant harus beristirahat lebih lama dari perkiraan. Brooklyn Nets mulai bimbang tentang kesehatan pemain adalannya tersebut. Kini yang penting bagi Nets adalah memulihkan kesehatan Durant sebelum playoff dimulai. (tor)

Foto: The Boston Globe

Komentar