IBL

Pelita Jaya Bakrie Jakarta kembali pamer kekuatan di gim kedua mereka di IBL 2021. Menghadapi West Bandits Solo, Pelita Jaya unggul nyaris sepanjang gim. Di kuarter pertama saja, Pelita Jaya sudah unggul 15 poin dan menahan West Bandits hanya mencetak 11 poin. Keunggulan besar ini terus bertambah dan akhirnya Pelita Jaya menang dengan skor akhir 88-67.

Offensive rebound jadi pembeda terbesar kedua tim. Pelita Jaya unggul sangat mutlak di nomor ini dengan total 33 offensive rebound sedangkan West Bandits hanya 9 offensive rebound. Total rebound West Bandits bahkan hanya berjarak delapan rebound dari offensive rebound Pelita Jaya. Pelita Jaya sendiri total mengumpulkan 63 rebound di gim ini.

Empat pemain Pelita Jaya mencetak dua digit poin. Andakara Prastawa jadi top skor gim dengan 20 poin dan 7 rebound. Prastawa memasukkan 7 dari 14 tembakan, termasuk di dalamnya adalah 5/10 tripoin (50 persen). Prastawa bermain total 20 menit dan 14 dari keseluruhan poinnya tercipta di kuarter pertama saja.

Reggie William Mononimbar menyusul dengan 12 poin, 7 rebound, dan 4 asis. Reggie total bermain selama 21 menit. Respati Ragil Pamungkas dan Teddy Apriyana masing-masing menambahkan 11 poin. Vincent Kosasih nyaris dobel-dobel dengan 9 poin plus 10 rebound.

“Meski kami mencetak poin yang banyak di dua gim ini, saya bisa bilang yang menjadi fokus utama kami adalah pertahanan. Pertahanan anak-anak terus bertumbuh dan dari situ kami bisa membangun serangan dengan lebih baik. Namun, jelas kami masih memiliki banyak hal yang perlu diperbaiki,” terang Ocky Tamtelahitu, Kepala Pelatih Pelita Jaya usai gim kepada Mainbasket.

Di kubu West Bandits sendiri, hanya Pringgo Regowo yang mampu menyentuh dua digit poin. Selain kalah offensive rebound, pertahanan solid Pelita Jaya juga memaksa West Bandits membuat total 20 turnover, yang cukup mempengaruhi efektivitas serangan mereka.

“Kami adalah tim baru dan persiapan kami tidak cukup banyak. Kami berusaha memperbaiki banyak hal dari tiap gim. Di gim sebelumnya, transisi menjadi masalah pertahanan kami, hari ini rebound kami kalah telak. Ya seperti ini sebuah proses, namun kami cukup yakin kami bisa terus membaik seiring berjalannya waktu,” terang Raou Miguel Hadinoto, Kepala Pelatih West Bandits.

West Bandits akan kembali bermain esok hari, melawan Prawira Bandung. Pelita Jaya akan bermain lusa menghadapi Satya Wacana Saints Salatiga. (DRMK)

Foto: Harianto

 

Komentar