IBL

Houston Rockets sudah melepas DeMarcus Cousins. Mereka juga memberikan keringanan kepada Cousins untuk menantangani kontrak dengan tim NBA mana pun, seperti layaknya pemain "free agent". Kini beberapa spekulasi tentang masa depan Cousins mulai berhembus. Ada yang menyebut dirinya bakal kembali ke Los Angeles Lakers.

Menurut Shams Charania dari The Athletic, semua proses administasi pelepasan Cousins dari Rockets sudah beres. Tim tersebut sengaja melepaskan Cousins karena ingin mengutamakan peran pemain muda. Terutama saat Christian Wood bisa bermain kembali setelah cederanya sembuh.

Namun ada hal lain yang membuat Rockets melepaskan pemain berusia 30 tahun tersebut. Alasannya, Cousins bermain di bawah ekspektasi mereka. Dalam 25 pertandingan, Cousins mencetak rata-rata 9,6 poin, 7,6 rebound, dan 2,4 assis per laga. Dia menandatangani kontrak dengan Rockets senilai AS$2,3 juta pada awal musim lalu. Kalau dihitung dari kontribusi bangku cadangan, mungkin catatan tersebut sudah bagus. Tapi ketika Woods cedera, Cousins tidak mampu menggantikannya. Khususnya selama 11 pertandingan menjadi starter, Rockets sudah kalah sembilan laga berturut-turut.

Rockets memang tidak peduli dengan kata orang di awal musim lalu. Mereka percaya Cousins bisa bermain bagus, meski dia absen satu musim karena cedera Achilles. Rockets berharap Cousins bisa bangkit seperti Kevin Durant di Nets. Mereka ingin Cousins bermain seperti saat membela Sacramento Kings. Tapi faktanya, justru ekspektasi Rockets dinilai berlebihan.

Jasmyn Wimbish dari CBS Sports melaporkan bahwa ada dua tim yang berpotensi menjadi pelabuhan Cousins musim ini, yaitu Los Angeles Lakers dan Toronto Raptors. Lakers akan kehilangan Anthony Davis setidaknya sampai pertengahan bulan Maret nanti. Mereka butuh pemain untuk mengisi posisi yang ditinggalkan Davis. Cousins sudah pernah menjadi anggota tim Lakers pada musim 2019-2020, meski tidak pernah bermain di laga resmi.

Sedangkan Raptors, mereka tengah berjuang mencari sosok yang tepat untuk memperkuat frontcourt sepeninggalan Marc Gasol dan Serge Ibaka. Kabarnya, Raptors sedang mengincar Andre Drummond yang sudah dicabut dari line-up Cleveland Cavaliers. Tapi Cousins tampaknya lebih mudah, karena statusnya "free agent".

Ada pula berita tentang Lakers yang tengah mengincar tiga pemain untuk menambah kekuatan mereka. Tiga pemain tersebut adalah JJ Reddick, Hassan Whiteside dan DeMarcus Cousins. Untuk Reddick, New Orleans Pelicans memang sudah mengeluarkan pernyataan melepasnya. Sedangkan Whiteside dan Cousins, dikaitkan dengan absennya Anthony Davis. Kini tinggal keputusan Rob Pelinka selaku presiden operasi bola basket Lakers. (tor)

Foto: Lake Show Life

Komentar