IBL

Perburuan gelar Pemain Terbaik atau Most Valuable Player (MVP) NBA setiap musim selalu menarik untuk dibicarakan. Termasuk musim ini, yang menjadi musim terpendek dalam sejarah liga. Dengan 72 pertandingan saja, maka para pemain berlomba-lomba untuk mengisi lembar statistik dengan catatan terbaik. Selain itu, beberapa pengamat juga mulai mengemukakan prediksinya. Paul Pierce, legenda Boston Celtics yang kini aktif sebagai analis ESPN menjagokan James Harden dari Brookyn Nets sebagai peraih MVP musim ini.

Nets awalnya menjadi favorit juara di liga. Namun sempat bermasalah dengan mangkirnya Kyrie Irving dan Kevin Durant yang masih berkutat dengan kondisi fisiknya. Tetapi Nets tiba-tiba menjelma jadi tim yang paling ditakuti di liga setelah James Harden bergabung. Kenyataannya, Harden benar-benar nyaman bermain di bawah asuhan Steve Nash. Meski tidak mendapatkan porsi penguasaan bola yang banyak seperti saat di Houston Rockets.

Banyak yang beranggapan bahwa Nets sangat bergantung pada Irving dan Durant. Tapi dalam tujuh pertandingan terakhir pernyataan tersebut salah. Faktanya, justru Nets sekarang bergantung pada keberadaan Harden. Dia mencetak rata-rata 25,2 poin, 11,6 assist, dan 8,5 rebound dalam 19 pertandingan bersama Nets. Dia mencetak akurasi tembakan keseluruhan 49,5 persen, tripoin 41,7 persen, dan 86,4 persen dari tembakan gratis.

(Sumber foto: ESPN)

Karenanya, legenda Celtics, Paul Pierce memilih Harden sebagai jago pertama sebagai peraih MVP musim ini. Hal tersebut disampaikan Pierce dalam akun twitter pribadinya.

"James Harden bermain lebih baik daripada semua pemain di liga sekarang. Rangking untuk MVP pilihan saya sekarang adalah Harden nomor satu, kemudian Joel Embiid, LeBron James, Donovan Mitchell dan Kawhi Leonard," tulisnya.

Harden adalah peraih MVP NBA musim 2017-2018. Saat itu, dia masih bermain di Houston Rockets dengan rata-rata statistik 30,4 poin, 8,8 assist, 5,4 rebound, dan 1,5 steal per pertandingan. Sulit untuk mencapai rata-rata poin seperti saat menjadi MVP, tapi mengingat perannya di Nets sekarang, Harden masih mungkin memanaskan persaingan musim ini.

Sementara itu, peringkat nba.com untuk "MVP Ladder" saat ini dipimpin oleh LeBron James, disusul Joel Embiid di tempat kedua. Harden menduduki peringkat ke-10 di bawah Kevin Durant. (tor)

Foto: Yahoo!Sports

Komentar