IBL

Kabar gembira datang dari kerjasama NBA dengan Tiongkok. NBA All-Star 2021 akan jadi penanda siaran pertandingan NBA di televisi Tiongkok. Meski belum jelas, tentang detail siaran tersebut. Setidaknya Tiongkok mulai membuka diri kembali setelah boikot pada Oktober 2019 silam.

Sebenarnya, NBA sudah bisa disaksikan oleh pemirsa di Tiongkok. Tapi tidak lewat televisi, namun hanya tersedia di saluran online. Menurut laporan Zhao Huanyu dari South China Morning Post (SCMP), rangkaian NBA All-Star yang berlangsung 7 Maret mendatang akan disiarkan di China Central Television (CCTV). Ini setelah CCTV menyetujui tawaran NBA untuk kembali menayangkan pertandingan harian pada Minggu, 21 Februari 2021.

"Bila tidak ada halangan, CCTV akan menayangkan laga All-Star. CCTV tidak hanya menayangkan All-Star saja. Mereka akan melanjutkan untuk penayangan pertandingan harian, karena banyak penggemar yang telah menunggu lama," kata Zhao, dikutip dari SCMP.

Namun dari kabar tersebut, belum didapatkan detail tentang kesepakatan antara NBA dan CCTV. Sebab, semua tahu bahwa boikot NBA di Tiongkok terjadi setelah Daryl Morey mengeluarkan pernyataan yang mendukung demonstran Hong Kong. Saat itu, dia menjabat sebagai manajer Houston Rockets. Kali ini, Morey masih berkecimpung di NBA. Dia berada di kursi presiden bola basket Philadelphia 76ers. Faktanya, Morey masih berada dalam daftar hitam di raksasa streaming online, Tencent.

Baca Juga: Tayangan NBA Muncul Lagi di Tiongkok Setelah Mandek karena Kicauan Daryl Morey

Tencent pada bulan Oktober lalu bersedia menayangkan dua partai final NBA 2020 antara Los Angeles Lakers melawan Miami Heat. Tentu saja, alasannya waktu itu karena dua tim yang bertanding bukan Houston Rockets. Namun kali ini, belum jelas, apakah Tencent dan CCTV akan menayangkan pertandingan 30 klub, atau ada syarat-syarat tertentu. Seperti melarang penayangan beberapa tim. (tor)

Foto: SportsPro Media

Komentar