IBL

FIBA Asia Cup 2021 Qualifiers (Kualifikasi Piala Asia FIBA) untuk jendela ketiga dibatalkan. Belum ada kejelasan mengenai kapan dan di mana turnamen tersebut digelar. Karena itu, timnas Indonesia memilih untuk menghentikan pemusatan latihan di Jakarta, sampai ada kepastian lebih lanjut.

Kualifikasi Piala Asia FIBA untuk Grup A sudah ditunda dua kali. Sebelumnya, timnas Indonesia bertanding di Clark, Filipina. Kemudian dipindahkan ke Qatar. Kemudian pada tanggal 12 Februari lalu, FIBA mengumumkan pembatalan karena kasus Covid-19 di Qatar naik. Timnas berencana menunggu keputusan lebih lanjut.

Baca Juga: FIBA Asia Cup 2021 Qualifiers Jendela Ketiga di Qatar Dibatalkan

Setelah mendapatkan surat resmi dari FIBA, Manajer Timnas Indonesia Fareza Tamrella memutuskan untuk mengembalikan pemain ke klub masing-masing. Artinya, pemusatan latihan dihentikan sementara waktu.

"Manajemen timnas memutuskan sebaiknya pemain berlatih dulu dengan klub masing-masing. Setelah ada keputusan dari FIBA, kami akan panggil kembali untuk pemusatan latihan," ucap Fareza, disadur dari iblindonesia.com.

Pada 15 Februari lalu, laman resmi FIBA (fiba.basketball) mengeluarkan berita tentang pembatalan kualifikasi di beberapa negara. Pembatalan juga terjadi di Manama, Bahrain. Ini setelah sepuluh orang anggota timnas Yordania, termasuk tujuh pemain, dinyatakan positif Covid-19 setelah tiba di Bahrain.

FIBA akan terus memantau situasi Covid-19, serta memberikan pengumuman bila ada keputusan baru mengenai kualifikasi Piala Asia FIBA. Kabarnya, FIBA akan menggabungkan Window 3 dengan babak terakhir kualifikasi. Di mana peringkat tiga dari masing-masing grup akan memperebutkan empat tiket ke babak utama. (tor)

Baca Juga: Timnas Indonesia Tetap Berlatih Sembari Menunggu Kepastian dari FIBA

Foto: fiba.basketball

Komentar