IBL

IBL 2021 belum bergulir, tapi West Bandits Solo sudah mengganti kepala pelatih. Jap Ricky Lesmana digeser jadi asisten pelatih. Sebagai gantinya, West Bandits mendatangkan Raoul Miguel Hadinoto. Namun Raoul tidak menganggap itu sebuah pergeseran jabatan. Justru dia akan saling melengkapi dengan Jap Ricky yang notabene sebagai pelatih yang membangun tim West Bandits.

"Justru awalnya saya bergabungdengan West Bandits, setelah bicara dari hati ke hati dengan Coach Ricky. Dari situ kami sepakat untuk saling melengkapi satu sama lainnya supaya semuanya jadi seimbang," ujar Coach Ebos (sapaan Raoul Miguel Hadinoto), usai memimpin latihan pada Selasa pagi, 26 Januari, di Jakarta.

Sebagai kepala pelatih baru, Coach Ebos merasa tak bisa lepas dari tim pelatih yang lama. Dia sangat membutuhkan masukan dari Jap Ricky, yang membangun tim ini dari awal. Terutama tentang apa tujuan Ricky mengambil pemain-pemain yang kini ada di roster West Bandits.

"Karena yang membangun bukan saya jadi masukan itu perlu terutama untuk mengetahui apa yang harus saya tambal dan perbaiki," imbuhnya. "Bagi saya semua jabatan pada struktur kepelatihan sama saja. Masing-masing memiliki perannya. Untuk jabatan head coach, yang membedakan hanya soal pengambilan keputusan saja. Tapi soal visi dan misi kami semua sama."

Coach Ebos juga pernah menjadi pelatih pengganti di tengah gelaran IBL 2016-2017. Saat itu dia menggantikan posisi Fathoni sebagai kepala pelatih JNE Siliwangi Bandung. Namun hanya sampai menyelesaikan musim kompetisi tersebut. Karena pada musim 2017-2018 dia resmi bertugas sebagai kepala pelatih Bank BPD DIY Bima Perkasa hingga tahun 2020.

Menyinggung soal komposisi pemain West Bandits untuk musim 2021, Coach Ebos tak banyak berkomentar. Sebab, meski sebagai tim debutan di liga, namun West Bandits punya roster yang dalam.

"Biar pun statusnya klub baru, tapi komposisi pemain tidak perlu diragukan. Mereka bukan orang baru lagi di liga profesional, bahkan ada yang pernah jadi MVP, pernah juara dan ada juga yang dipanggil ke tim nasional," ungkap Coach Ebos, menyebut Pringgo Regowo. "Saya rasa melatih mereka hanya perlu memperhatikan detail saja, soal bagaimana bertahan atau transisi menyerang. Bukan lagi soal pembinaan. Semoga ke depan bisa menjadikan West Bandits lebih baik."

West Bandits punya beberapa pemain senior yang mumpuni seperti Pringgo Regowo, Fadlan Minallah, Mei Joni, hingga Merio Ferdiansyah. Kemudian di barisan pemain muda ada Widyanta Putra Teja, Andre Adrianno, dan Cassiopeia Thomas Manuputty. (tor)

Foto: Media West Bandits

Komentar