IBL

Los Angeles Lakers tidak akan membuat acara peringatan satu tahun kematian Kobe Bryant. Alasannya, mereka tidak ingin menambah trauma keluarga Bryant, yang kini perlahan mulai melupakan peristiwa tragis tersebut. Lakers berusaha menjauhkan keluarga Bryant dari pemberitaan yang mengungkit kembali kronologis kecelakaan helikopter yang merenggut nyawa Kobe dan putrinya, Gianna.

Lakers akan menghadapi Cleveland Cavaliers di Quicken Loans Arena pada Senin malam, 26 Januari waktu setempat. Tepat setahun terjadinya kecelakaan yang menewaskan Kobe Bryant. Lakers juga tidak berencana membuat acara khusus untuk Kobe Bryant pada laga melawan Philadelphia 76ers, di Wells Fargo Center, Rabu malam. Intinya, tidak ada acara khusus peringatan setahun kepergian Kobe Bryant yang dilakukan oleh tim Lakers.

Seperti dilansir ESPN, manajemen dan pemain Lakers sepakat bahwa peringatan atau upacara khusus untuk mengingat Kobe Bryant bisa mengungkit luka lama. Luka yang diakibatkan kehilangan seorang pemain legendaris, sekaligus panutan dan sahabat terbaik para pemain Lakers. Acara peringatan seperti itu juga bisa membuat publik kembali mengingat-ingat kejadian tragis setahun lalu. Tentunya bisa berpengaruh pada psikologis keluarga mendiang Kobe Bryant.

"Saat mendekati setahun kepergian Kobe, itu membuat kami sedih. Kami menyadari bahwa dia benar-benar telah pergi. Saya sendiri masih berat menerima kenyataan itu. Saya masih belum bisa percaya sampai sekarang," kata Anthony Davis, setelah lawan melawan Chicago Bulls, kemarin malam.

Sama dengan Davis, Marc Gasol tampaknya tidak ingin berkomentar tentang setahun kematian Kobe. Gasol menolak dengan halus permintaan awak media.

"Maafkan saya. Saya tidak nyaman membicarakannya. Sampai hari ini, saya tidak ingin membicarakan tentang Kobe Bryant," kata Gasol.

LeBron James sebagai kapten sekaligus mega bintang Lakers menjelaskaan alasan terkait tidak adanya peringatan khusus untuk setahun kepergian Kobe Bryant. Menurut LeBron, satu tahun belum cukup bagi keluarga untuk melupakan peristiwa tersebut. Oleh sebab itu, Lakers memilih untuk menghormati keluarga Kobe Bryant.

"Pepatah mengatakan, butuh waktu untuk menyembuhkan semua itu," kata LeBron James, dikutip dari ESPN. "Peristiwa yang tragis dan perasaan yang hancur, hanya bisa hilang oleh waktu. Kami semua yang pernah punya kenangan dengan Kobe Bryant, masih belum bisa melupakannya. Setiap orang butuh waktu untuk proses melupakan sebuah peristiwa. Apalagi yang benar-benar menyedihkan seperti ini."

Lakers sendiri menggelar upacara penghormatan untuk Kobe Bryant pada 1 Februari 2020 lalu. LeBron James termasuk orang yang diberi kesempatan untuk berbicara di hadapan penonton dan undangan yang hadir di Staples Center saat itu. Selain James, ada Michael Jordan dan istri mediang Kobe Bryant, Vanessa, dengan pidatonya yang sangat menyentuh hati. (tor)

Foto: WGN-TV

Komentar