IBL

Drama menghilangnya Kyrie Irving memasuki babak baru. Setelah beredar video pesta pada Senin malam waktu setempat, NBA dan Brooklyn Nets akan melakukan investigasi. Bila terbukti adanya pelanggaran protokol kesehatan, maka Irving terancam sanksi denda, serta pemotongan gaji.

Seperti dilansir dari ESPN, Irving tidak akan bergabung dengan Nets dalam waktu dekat. Irving sudah melewatkan empat pertandingan beruntun, termasuk hari ini melawan Denver Nuggets. Kemungkinan, absennya Irving bakal berlangsung lebih lama lagi. Diperkirakan Irving tidak bermain di pertandingan melawan New York Knicks, Rabu malam, serta menghadapi Orlando Magic, pada akhir pekan nanti. Tentunya masih dengan alasan pribadi.

Tetapi pada Senin malam, beredar sebuah video di media sosial yang memperlihatkan Irving hadir dalam perayaan ulang tahun saudara perempuannya, Asia. Dalam video tersebut, Irving bisa dikatakan melanggar protokol kesehatan. Sebab, seorang pemain NBA saat ini dilarang mengunjungi klub malam, bar, dan lounge. Mereka juga dilarang menghadiri pertemuan sosial lebih dari 15 orang.

Menanggapi kasus tersebut, Sean Marks selaku manajer umum Nets, mengatakan bahwa tim sedang bekerjasama dengan NBA untuk menyelidiki kasus Irving. Mereka akan memeriksa dengan seksama video yang beredar tersebut.

"Kyrie tetap tidak mau bergabung dengan tim karena alasan pribadi," kata Marks, dalam pernyataan resmi, dikutip dari twitter Marc Stein. "Nets belum bisa memastikan kapan Irving bisa bergabung. Irving akan menjelaskan tetang ketidakhadirannya saat dia sudah siap."

Bila Irving terbukti melakukan pelanggaran protokol kesehatan NBA, maka dua ancaman sanksi sudah di depan mata. Berkaca dari kasus yang pernah dialami oleh James Harden beberapa waktu lalu. Harden yang terbukti datang ke pesta tanpa mengenakan masker pada malam Natal, dikenai sanksi denda sebesar AS$50 ribu. Dia juga harus menjalani karantina selama empat hari, sebelum bergabung dengan Houston Rockets. Untungnya, saat itu Harden tidak pernah absen dalam pertandingan.

Dalam kasus Irving ancamannya lebih besar lagi. Bila video tersebut terbukti benar, maka Irving sudah pasti didenda AS$50 ribu. Kemudian, bila seorang pemain absen di pertandingan karena pelanggaran protokol kesehatan, maka dia akan dipotong gaji sebesar 1/27 dari gaji per tahun. Jadi untuk kasus Irving ini tinggal dikalikan saja, berapa laga yang sudah dilewatkan oleh Irving. (tor)

Foto: New York Post

Komentar