IBL

Damion Lee lagi-lagi jadi penentu kemenangan Golden State Warriors. Kali ini, dua free throw di sisa tiga detik membuat Warriors menang tipis 106-105 atas Toronto Raptors, di Chase Center, Minggu malam. Sejauh ini, Lee sudah mencetak lima poin penting dalam dua kemenangan Warriors di musim 2020-2021.

Pada pertandingan tanggal 27 Desember 2020, Lee juga menjadi pahlawan Warriors. Dia mencetak tripoin di sisa dua detik, yang membuat Warriors menang 129-128. Malam ini, giliran Raptors yang membuktikan mental baja seorang Damion Lee.

Raptors sebanrnya sudah unggul 105-104 lewat pull-up jumper Fred VanVleet. Tetapi kesempatan mengunci kemenangan gagal. Layup Pascal Siakam diblok Kent Bazemore, lalu tripoin Kyle Lowry tidak tepat sasaran. Ini membuat Warriors punya kesempatan melakukan time-out di sisa tujuh detik.

Mungkin akan mudah menebak skenario pelatih Steve Kerr. Karena ada Stephen Curry yang bakal mengeksekusi tembakan terakhir. Tapi faktanya, tebakan pemain Raptors salah. Curry dan Lee berada sangat dekat. Sehingga dua-duanya bisa jadi alternatif penembak terakhir. VanVleet dan Lowry menjaga ketat Curry, tapi justru dia memberikan bola kepada Lee. Lowry melakukan pelanggaran karena Lee sudah bersiap melakukan tembakan. Akhirnya dua free-throw Lee membuat Warriors menang.

Malam ini, pemain inti Warriors kurang maksimal. Curry hanya memasukkan 11 poin, dengan akurasi 2/16, dan hanya membuat satu tembakan tripoin dari 10 percobaan. Hanya Andrew Wiggins saja yang bisa mencetak 14 poin, yang jadi torehan terbanyak dibandingkan empat pemain inti lainnya. Meski kurang bagus dalam catatan poin, para pemain inti Warriors menyumbang assist yang banyak. Mereka menyumbang 23 dari total 30 assist tim Warriors di pertandingan terebut. Draymond Green mencetak 10 assist ditambah 10 poin dan sembilan rebound.

Pemain di bangku cadangan Warriors menyumbang 46 poin. Eric Paschall menjadi pendulang poin terbanyak dari bench dengan torehan 15 poin, disusul Damion Lee yang menyumbang 13 poin. Di kubu Raptors, kembalinya Lowry membuat mereka lebih kuat. Ditambah dengan VanVleet yang mulai menemukan kepercayaan diri. VanVleet mencetak 21 poin, dan Lowry menambahkan 17 poin. Sementara poin terbanyak dicetak oleh Pascal Siakam dengan catatan 25 poin dan 11 rebound.

Kemenangan tersebut membuat Warriors bisa melompat ke peringkat kelima klasemen sementara Wilayah Barat. Mereka akan bertanding lagi pada hari Selasa, waktu Amerika Serikat, menghadapi Indiana Pacers. Sementara Raptors akan bertandang ke markas Portland Trail Blazers, besok malam. (tor)

Foto: nba.com

Komentar