IBL

Setelah IBL merilis roster untuk musim 2021, salah satu nama yang dicari adalah Kaleb Ramot Gemilang. Ternyata tidak satu pun kontestan IBL yang memasukkan namanya. Kaleb sengaja absen dari liga, bahkan untuk timnas di FIBA Asia 2021 Qualifiers Window 3 karena harus istirahat total setelah operasi.

Ketika para pemain timnas diperbolehkan kembali ke klub, Kaleb menjadi salah satu pemain yang dicari oleh penggemar. Karena sejak menjadi MVP IBL 2018-2019, Kaleb bermain untuk timnas. Bahkan di IBL 2020 kemarin, dia bergabung dengan Indonesia Patriots. Sementara secara status kontrak, dirinya sudah tidak lagi bersama Stapac Jakarta.

Kaleb harus istirahat total selama enam bulan dari basket. Kabar tersebut disampaikan langsung oleh pemain kelahiran 30 Mei 1991 tersebut. Kaleb baru naik meja operasi bulan November 2019. Ini merupakan upaya untuk menyembuhkan cedera lutut yang selama ini menganggunya. Setelah itu, ia harus fokus penyembuhan cedera agar bisa kembali pulih seperti sedia kala.

"Saya operasi bulan November lalu untuk cedera lutut kiri. Setelah itu saya harus rehabilitasi selama enam bulan," tegasnya.

Dengan kabar tersebut, berarti dipastikan bahwa Kaleb tidak akan bermain di IBL 2021. Sebab, bila dihitung sejak bulan November, maka rehabilitasi yang dijalani Kaleb akan selesai di bulan April 2021. Sementara, IBL akan selesai di bulan Maret.

Begitu juga tentang timnas. Kaleb merupakan pemain timnas untuk FIBA Asia Cup 2021 Qualifiers Window 1 pada bulan Februari 2020. Tapi namanya tidak masuk roster timnas Indonesia di Window 2 bulan November 2020. Kaleb juga tidak bisa tampil di Window 3 yang diselenggarakan bulan Februari 2021.

"Untuk timnas bulan Februari rasanya juga tidak mungkin. Soalnya harus istirahat total," jelas Kaleb.

Soal status pemain, Kaleb menjelaskan bahwa dirinya sudah bukan "free agent" lagi. Kaleb sudah sepakat untuk bermain bersama salah satu kontestan IBL dan tidak ingin disebutkan dulu nama klubnya. Kaleb akan tampil bersama klub tersebut di liga musim depan. Tapi untuk saat ini, Kaleb akan fokus pada penyembuhan cederanya.

Pada IBL 2018-2019, Kaleb bermain untuk Stapac Jakarta. Dia dinobatkan sebagai MVP dengan catatan rata-rata 12,7 poin, 4,4 rebound, dan 1,3 per pertandingan di musim reguler. Kemudian di IBL 2020, Kaleb membela Indonesia Patriots dan mencetak rata-rata 8,1 poin per pertandingan. (tor)

Foto: IBL Indonesia

Komentar