IBL

Rabu malam menjadi hari yang istimewa bagi LeBron James. Bintang Los Angeles Lakers tersebut merayakan ulang tahun ke-36. Kemudian dalam pertandingan tersebut, James dinobatkan sebagai pemain pertama dalam sejarah NBA yang mencetak double digit points dalam 1.000 pertandingan musim reguler beruntun. Terakhir, sebagai pelengkap di hari ulang tahun tersebut, Lakers menang 121-107 atas San Antonio Spurs.

Untuk rekor NBA tersebut, James sebenarnya sudah melampaui catatan Michael Jordan dan Karrem Abdul-Jabbar. Jordan mencetak poin digit ganda dalam 866 pertandingan beruntun, dan Abdul-Jabbar selama 787 pertandingan berturut-turut. Tetapi yang spesial dari James yaitu dirinya mencapai seribu kali sepanjang kariernya.

Sejak bermain di NBA tahun 2003 hingga sekarang, James sudah memainkan 1.270 pertandingan untuk musim reguler. Artinya, bila dipotong seribu pertandingan, maka James sudah mulai mencetak poin digit ganda secara beruntun sejak dirinya bermain di Cleveland Cavaliers pada 5 Januari 2007. James berhasil melewati rekor Michael Jordan pada Maret 2018 lalu. Sementara itu, satu-satunya pemain aktif NBA yang sampai sekarang menyusul rekor James adalah bintang Houston Rockets James Harden (411 kali poin digit ganda).

Sebenarnya rekor tersebut putus bila memasukkan catatan di babak playoff. Sebab, pada Gim 5 Final Wilayah Timur tahun 2014, James hanya mencetak tujuh poin saat Miami Heat berhadapan dengan Indiana Pacers. Namun karena playoff tidak dihitung, maka James bisa mencapai 1.000 kali.

Di ulang tahun ke-36 ini, James masih dianggap sebagai pemain terbaik di NBA. Sejauh ini, dia mampu mengumpulkan empat cincin juara liga. Jiwa kepemimpinan James juga berhasil mengembalikan masa kejayaan Lakers, yang sempat redup setelah Kobe Bryant pensiun. Pemain kelahiran 30 Desember 1984 tersebut masih dipercaya manajemen Lakers untuk memimpin rekan-rekannya dalam misi mempertahankan gelar juara di NBA 2020-2021.

Sebagai pelengkap, James membuat Lakers menang 121-107 atas Spurs. James mencetak 26 poin dan delapan asis. Dennis Schroder menambahkan 21 poin, disusul Anthony Davis (20 poin), Wesley Matthews (18 poin), lalu Montrezl Harrell dan Kentavious Caldwell-Pope masing-masing menyumbang 10 poin. Di kubu Spurs, Dejounte Murray mencetak 29 poin, dan DeMar DeRozan menambahkan 23 poin. Kedua tim akan bertemu kembali pada Jumat malam, 1 Januari 2021. (tor)

Foto: Yahoo!Sports

Komentar