IBL

Pilihan pertama dari Draft NBA 2020, Anthony Edwards bergabung dengan keluarga besar adidas Basketball. Ruki Minnesota Timberwolves tersebut menjadi ruki kedua setelah LaMelo Ball yang menerima kontrak dari pabrikan sepatu. LaMelo sekarang bersama Puma.

Kabar tersebut disampaikan oleh Shams Charania dari The Athletic. Namun berita tentang Edwards muncul menyusul pengumuman bahwa Jerry Lorenzo sekarang menjabat sebagai kreatif dan strategi bisnis adidas Basketball. Lorenzo adalah pemilik label Fear of God yang sempat bekerja sama dengan Nike sejak 2018.

Kebijakan adidas mengambil duta di bulan pertama musim kompetisi bukan kebiasaan merek-merek ternama. Biasanya, pabrikan seperti Nike akan melihat dulu penampilan dan potensi pemain baru. Lazimnya, mereka akan merekrut pemain sebagai duta di bulan Januari. Tetapi menurut Scott Polachek dari Bleacher Report, adidas menganggap bahwa Edwards adalah pemain yang layak dijadikan duta. Dia bisa jadi bintang masa depan bagi merek tersebut.

Happy Walter, CEO Catalyst Sports & Media kepada Sportico mengatakan bahwa kesepakatan Edwards dengan adidas Basketball memberi gambaran bahwa bisnis sepatu tengah menggeliat. Sebab, pada akhir bulan November lalu, pabrikan sepatu dikabarkan memotong anggaran untuk endorsment. Strategi yang paling mudah adalah tidak memberi kontrak untuk pemain debutan. Sebut saja Nike, yang sampai bulan ini belum mengambil duta dari pemain yang baru tampil di NBA.

Edwards sudah tampil tiga gim bersama Timberwolves. Dia mencetak rata-rata 16,0 poin, 3,0 rebound, dan 2,3 asis per gim. Edwards tentu tidak akan mendapatkan sepatu khas (signature shoes) dalam waktu dekat. Namun dia bisa memakai beberapa sepatu khas dari adidas seperti milik Derrick Rose, Donovan Mitchell, Damian Lillard, dan James Harden. Selama ini, Edwards sudah bertanding memakai Dame 6 dan Harden Vol. 4. (tor)

Foto: USA Today

Komentar