IBL

Tahun 2020 tinggal menghitung hari. Tahun yang meninggalkan banyak kenangan. Mulai dari pandemi Covid-19, hingga kematian beberapa selebriti di dalam dan luar negeri. Tetapi Twitter mencatat bahwa kematian Kobe Bryant menjadi peristiwa kematian tokoh olahraga paling menyakitkan di sepanjang tahun 2020.

Pada 26 Januari 2020, Kobe Bryant dan putrinya Gianna, naik helikopter dari Bandara John Wayne. Mereka tidak sendiri, melainkan bersama pelatih bisbol Orange Coast College John Altobelli, istrinya Keri, dan putrinya Alyssa. Lalu ada Sarah Chester dan putrinya Payton, serta Christina Mauser. Helikopter tersebut dikemudikan oleh pilot Ara Zobayan.

Helikopter nahas tersebut menabrak bukit Calabasas. Tidak ada yang selamat dari kecelakaan ini. Peristiwa kecelakaan Kobe Bryant mengguncang dunia, terutama publik olahraga. Peristiwa tersebut mendorong mereka untuk mengungkapkan kesedihan di media sosial, terutama Twitter. Aksi nyata juga terlihat di Staples Center, markas Los Angeles Lakers.

Seperti dilaporkan Brian Jones dari media hiburan Pop Culture, bahwa ada banyak tokoh-tokoh dunia yang meninggal pada tahun 2020, termasuk permeran Black Pather, Chadwick Boseman. Tetapi Twitter mencatat bahwa kematian Kobe Bryant adalah kehilangan paling menyakitkan sepanjang tahun 2020.

"Itu sangat sulit," tutur Shaquille O'Neal kepada Brian Jones. "Saya belum pernah melihat yang seperti ini sebelumnya. Saya berada di rumah pada hari kejadian itu dan putraku mengatakan berita itu. Saya bahkan berhenti melihat handphone, yang berisi semua pemberitaan tentang Bryant. Saya tidak ingin melihatnya. Sampai ada seseorang yang saya percaya memberi tahu lewat telepon bahwa Kobe benar-benar meninggal."

Bryant pensiun dari NBA pada 2016, dan memulai hidup normal. Dia berharap bisa menghabiskan banyak waktu dengan keluarganya serta mengerjakan proyek lain. Salah satu pencapaian terbesarnya di luar bola basket adalah memenangkan Academy Award untuk filmnya Dear Basketball pada tahun 2018.

Kematian Kobe Bryant menjadi spirit bagi pemain-pemain Lakers untuk mendapatkan gelar juara NBA 2020. Slogan "Leave A Legacy" disematkan untuk menghormati mendiang legenda Lakers tersebut. (tor)

Foto:AP News

Komentar