IBL

NBA sudah merilis struktur dan format pertandingan yang akan digunakan untuk musim 2020-2021 mendatang. Semua media sudah memberitakan hal tersebut. Namun untuk lebih memahami format baru ini, ada baiknya mencontohkan salah satu peserta di NBA musim depan.

Hal utama yang harus diketahui adalah setiap tim di musim reguler 2020-2021 akan memainkan 72 pertandingan. Catatan penting kedua yaitu, NBA akan membagi dua fase rilis jadwal, sekaligus membagi tuan rumah atau arena yang digunakan untuk melaksanakan pertandingan. NBA menyebut pembagian itu sebagai babak. Jeda antara babak pertama dan kedua dinamakan istirahat All-Star yang selenggarakan pada 5-10 Maret 2021. Pengumuman resmi bisa dilihat di akun twitter resmi NBA.

Agar mudah memahami format baru tersebut, situs Yahoo!Sports memakai tim Golden State Warriors sebagai contohnya. Stephen Curry dan kawan-kawan akan melawan sesama tim Wilayah Barat tiga kali (42 pertandingan), dan melawan tim Wilayah Timur dua kali (30 pertandingan). Jumlah totalnya 72 pertandingan untuk musim reguler.

NBA menyatakan bahwa "lima tim dari dalam suatu divisi akan melawan tima tim dari satu divisi intraconference lainnya dua kali kandang, dan kelima tim dari divisi intraconference yang tersisa dua kali tandang." 

Bila dicontohkan dengan tim Golden State Warriors, maka akan seperti ini;

Dalam NBA dikenal istilah Conference atau Wilayah, dan Division (Divisi). Setiap Conference terdiri dari tiga Divisi. Di Eastern Conference (Wilayah Timur) ada Atlantic Division, Central Divison dan Southeast Division. Kemudian di Barat atau Western Conference ada Northwest Division, Pacific Division, dan Southwets Division. Setiap divisi berisi lima tim.

Karena Golden State Warriors berada di Divisi Pasifik (Pacific Division), maka mereka akan menjalankan pertandingan lebih dulu melawan tim satu divisi yaitu Los Angeles Lakers, LA Clippers, Sacramento Kings, dan Phoenix Suns. Bila ditotal untuk satu divisi saja, maka Warriors akan menjalani 12 pertandingan.

Kemudian Warriors akan berhadapan dengan lawan dari Nortwest Division sebanyak 15 pertandingan, dan Southwest Division sebanyak 15 pertandingan. Jadi totalnya untuk Wilayah Barat saja, Warriors akan menjalani 42 pertandingan. Sisanya, 30 pertandingan akan dihiting dari gim melawan tim Wilayah Timur, masing-masing dua kali pertemuan.

Menurut Shams Charania dari The Athletic, NBA akan mengurangi perjalanan tim sebanyak 25 persen dari musim normal. Oleh sebab itu, jadwal pertandingan di masing-masing babak akan berbeda untuk tiap-tiap tim. Ada yang sudah menyeberang wilayah, ada yang masih berkutat dengan konferensinya masing-masing.

NBA juga mengumumkan kalender liga yang masih tentatif untuk musim 2020-2021. Berikut rinciannya.

-. 11-19 Desember 2020: Pertandingan eksibisi (pra-musim)
-. 22 Desember 2020 - 4 Maret 2021: Babak pertama musim reguler
-. 5-10 Maret 2021: Istirahat All-Star
-. 11 Maret - 16 Mei 2021: Paruh kedua musim reguler
-. 18-21 Mei 2021: Turnamen Play-In
-. 22 Mei - 22 Juli 2021: Playoff NBA 2021

NBA juga menambahkan satu format baru yaitu turnmanen Play-In. Skenario tersebut dibuat saat lanjutan NBA di "gelembung" Orlando, untuk menentukan peringkat kedelapan di Wilayah Barat. Karena saat itu ada tiga tim yang berpeluang lolos ke playoff. Karena berhasil membuat liga semakin seru, maka turnamen Play-In akan dipakai untuk musim 2020-2021. Namun ada beberapa penyesuaian.

Peringkat 1 sampai 6 dari masing-masing wilayah langsung lolos playoff. Kemudian, peringkat ke-7 dan 8 akan bertanding untuk memperebutkan satu tiket playoff. Tim yang menang dari gim tersebut, akan langsung masuk playoff dengan predikat sebagai tim peringkat ke-7 di wilayah tersebut.

Kemudian, tim peringkat ke-9 dan 10 akan bertanding satu kali. Pemenang dari gim tersebut akan bertemu tim yang kalah dari gim peringkat ke-7 dan ke-8. Pemenangnya berhak melaju ke playoff dengan predikat sebagai tim peringkat ke-8 di wilayah tersebut. 

NBA akan menyelesaikan beberapa agenda terdekat minggu ini yaitu NBA Draft pada Rabu, 18 November, dan pembukaan bursa pemain "free agent" pada hari Jumat, 20 November waktu Amerika Serikat. (tor)

Foto: NBA.com

Komentar