IBL

Setelah dipecat dari Indiana Pacers, Nate McMillan akhirnya merapat ke gerbong Atlanta Hawks. Dia menjadi asisten pelatih Lloyd Pierce. Tugas utamanya adalah membantu meningkatkan performa Trae Young sebagai pemain masa depan Hawks.

Pacers memutuskan kerjasama dengan McMillan setelah mereka disapu bersih Miami Heat pada Playoff NBA 2020 putaran pertama. Padahal kepala pelatih berusia 56 tahun tersebut sudah memimpin Pacers sejak 2016 hingga 2020. McMillan mencetak rekor pertandingan 661-588 di musim reguler dan 17-36 di playoff. Itu dicetak selama menjadi kepala pelatih Pacers, Seattle SuperSonics, dan Portland Trail Blazers.

Pemecatan McMillan dikritik oleh tiga kepala pelatih tim papan atas NBA, yaitu Erik Spoelstra (Miami Heat), Rick Carlisle (Dallas Mavericks), dan Brad Stevens (Boston Celtics). Menurut mereka, Pacers terburu-buru membuat keputusan memecat McMillan. Manajemen Pacers dianggap tidak melihat prestasi yang dibuat McMillan selama di tim tersebut. Namun manajemen Pacers bergerak cepat dengan mendatangkan Nate Bjorkgren. Asisten pelatih Toronto Raptors yang kini diberi tugas sebagai kepala pelatih Pacers.

Bergeser ke Atlanta Hawks. Mereka segera menawarkan pekerjaan baru kepada McMillan, yaitu menjadi asisten pelatih Lloyd Pierce. Kabar tersebut pertama kali disampaikan oleh Marc Stein dari The New York Times, melalui akun twitter-nya. Stein menambahkan bahwa ada tugas khusus yang jadi fokus McMillan nanti, yaitu bertanggung jawab atas perkembangan permainan Trae Young. Garda muda yang kini jadi pemain andalan Hawks. 

Nate McMillan dikenal sebagai garda utama tim Seattle SuperSonics sejak 1986 hingga 1998. Menurut para pengamat senior NBA, McMillan memiliki IQ bola basket yang tinggi serta gaya permainan yang santun. Sementara itu, pengalaman melatih selama 21 musim di NBA juga jadi modal yang bagus untuk pengembangan tim Hawks. Meski tidak sukses di playoff, setidaknya McMillan berhasil sampai ke tahap ini sembilan kali sepanjang kariernya sebagai pelatih.

McMillan diharapkan mampu membantu skuat Hawks berkembang, dan bisa mencapai babak playoff musim depan. Hawks belum pernah masuk playoff sejak 2017. Lloyd Pierce yang bertugas sejak 2018 tampaknya belum membuat perubahan. Oleh karenanya, manajemen Hawks merasa perlu menambahkan Nate McMillan untuk mendampingi Pierce. (tor)

Foto: USA Today

Komentar