IBL

Musim 2019 – 2020 menjadi musim yang bersejarah untuk NBA. Selain jadi musim yang terpanjang (hampir satu tahun penuh), musim 2019 – 2020 juga jadi kali pertama NBA digelar dengan konsep “gelembung” tanpa penonton. Para pemain dari 22 tim yang melanjutkan musim pascahiatus Maret lalu dikumpulkan di komplek Disney World dan dilarang keluar satu langkah pun dari area tersebut. Miami Heat dan Los Angeles Lakers total berada di “gelembung” lebih dari tiga bulan lamanya.

Melihat belum kunjung meredanya pandemi virus korona utamanya di Amerika Serikat, nasib musim 2020 – 2021 pun masih mengambang. Jadwal baru tak kunjung dikeluarkan oleh NBA padahal biasanya mereka selalu terdepan untuk hal ini. Di sisi lain, pertanyaan mengenai apakah gim akan digelar dengan format “gelembung” atau kembali seperti biasa juga masih belum terjawab.

Pun demikian, satu tim sudah langsung mendapatkan perhatian khusus di tengah ketidakpastian ini. Adalah Toronto Raptors, satu-satunya tim yang tidak terletak di Amerika Serikat yang membawa banyak pertanyaan. Kanada, negara asal Raptors masuk dalam daftar negara yang dilarang dikunjungi oleh pemerintah Amerika Serikat. Atas hal ini, terbuka kemungkinan Raptors akan mencari lapangan alternatif untuk musim depan.

(Baca juga: Toronto Raptors Luncurkan Lima Seragam Baru)

Dilansir oleh Yahoo Sports, salah satu lapangan yang bisa dan siap digunakan oleh Raptors untuk gim NBA adalah lapangan KFC Yum! Center yang terletak di Louisville, Kentucky. Lapangan ini secara reguler digunakan oleh tim basket putra dan putri University of Louisville untuk kandang mereka selama gelaran NCAA. Secara kapasitas untuk basket, lapangan ini mampu menampung hingga 22.000 orang, jumlah yang cukup sesuai dengan lapangan-lapangan NBA lainnya.

                                    KFC Yum! Center juga kerap menggelar laga bola voli dan konser musik, Sumber: KFC Yum! Center

Pun demikian, KFC Yum! Center bukan satu-satunya opsi tersedia. Salah satu kota dengan sejarah basket panjang, Seattle, juga dikabarkan siap menampung Raptors. Seattle juga punya beberapa lapangan yang memenuhi standar NBA dan bisa langsung digunakan. Namun, sekali lagi semua opsi ini akan menunggu perkembangan pandemi virus korona dan rencana liga ke depannya.

Berpindah lapangan kandang bukan hal baru untuk Raptors. Sebelum menetap di Scotiabank Arena (dulunya Air Canada Center), kandang pertama Raptors ketika berdiri pada 1995 adalah Rogers Center. Beberapa tim NBA juga sempat berpindah kandang sementara ketika ada perbaikan di lapangan kandang mereka.

Di sisi lain, Raptors bukan satu-satunya tim asal Kanada yang mengalami kesulitan ini. Tim baseball profesional Kanada yang berlaga di MLB, Toronto Blue Jays, musim ini juga memainkan liga sebagai musafir. Mereka berkandang di Buffalo, New York  meski setiap gim masih digelar tanpa penonton dan musim dipendekkan. (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar