IBL

Toronto Raptors bergerak cepat menatap masa depan mereka. Seiring kegagalan di semifinal Wilayah Timur, Raptors akan segera menghadapi pasar pemain bebas dengan beberapa pemain mereka akan menyandang status unrestricted free agent. Marc Gasol, Serge Ibaka, Chris Boucher, dan Fred Vanvleet adalah salah empat pemain yang akan bebas menentukan tim mana yang mereka bela untuk musim depan.

Dengan kenyataan tersebut, Presiden Raptors, Masai Ujiri, angkat bicara. Dilansir oleh situs resmi NBA, Masai menetapkan bahwa prioritas utama Raptors di pasar bebas adalah mempertahankan VanVleet. Pernyataan ini semakin menguatkan spekulasi Raptors akan melepas Gasol dan Ibaka untuk melakukan peremajaan skuad dengan berpusat kepada VanVleet dan Siakam.

VanVleet adalah top skor ketiga Raptors musim ini selama musim reguler. Ia hanya kalah dari Kyle Lowry dan Siakam. Dalam 54 gim, VanVleet mencetak 17,6 poin, 3,8 rebound, dan 6,6 asis per gim. Ia menembak 39 persen dari tripoin dan 51 persen secara keseluruhan efektivitas tembakan (eFG%). Di playoff, catatan VanVleet meningkat di angka 19,6 poin, 4,4 rebound, dan 6,9 asis per laga. Ia jadi top skor Raptors selama playoff.

(Baca juga: Perpanjang Kontrak, Nick Nurse dan Raptors Belum Akan Terpisahkan)

VanVleet sendiri dalam beberapa kesempatan musim ini sudah mengungkapkan keinginannya bertahan dengan Raptors. Bukan tanpa alasan bapak dua anak ini ingin bertahan di Raptors. Keberhasilan meraih juara musim lalu ditambah fakta status VanVleet yang merupakan pemain undrafted menunjukkan besarnya ikatan antara dirinya dengan Raptors.

Di sisi lain, beberapa waktu lalu Raptors juga telah mengamankan jasa Nick Nurse untuk masa-masa mendatang. Koneksi antara Nurse dengan VanVleet dan Siakam sudah terbukti cukup baik dengan keberhasilan mereka membawa Raptors finis sebagai tim dengan rekor terbaik kedua selama musim reguler lalu.

(Baca juga: Mempelajari Beberapa Istilah Dalam Pasar Pemain Bebas)

Dengan ancang-ancang peremajaan skuad, bukan tidak mungkin Lowry yang menyisakan satu musim kontrak akan ditukar sebelum atau di tengah musim berjalan. Jika spekulasi ini benar terwujud, maka Raptors bisa dibilang sepenuhnya milik VanVleet dan Siakam. Pun demikian, Raptors juga akan dihadapkan dengan penyusunan skuad yang harus imbang secara pengalaman juga jika ingin kembali ke final hingga meraih gelar juara. (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar