IBL

NBA 2021 bakal dimulai bulan Januari. Bila diasumsikan musim reguler normal berjalan enam bulan ditambah dua bulan untuk playoff, maka jadwal NBA akan bertabrakan dengan Olimpiade Tokyo. Komisioner NBA Adam Silver menegaskan bahwa mereka akan tetap melanjutkan kompetisi, dan tidak akan berhenti untuk Olimpiade Tokyo.

Olimpiade Tokyo yang sebenarnya berlangsung tahun ini. Namun ditunda pelaksanaannya karena pandemi virus korona. Akhirnya pesta olahraga antarbangsa tersebut dijadwalkan ulang pada 23 Juli hingga 8 Agustus 2021, atau ditunda selama satu tahun. NBA sebagai liga basket terbaik di dunia, punya pemain-pemain dari seluruh dunia, bukan hanya dari Amerika Serikat saja. Tercatat ada 108 pemain internasional (di luar Amerika Serikat) yang sekarang bermain di NBA. Meski ada potensi jadwal bertabrakan, NBA tetap akan melanjutkan kompetisi.

"Kami akan mempertimbangkannya. Tapi saya pikir itu tidak mungkin. Kami tidak mungkin berhenti untuk Olimpiade," kata Adam Silver sebelum Gim 2 Final NBA, Jumat, 2 Oktober waktu setempat. "Pertimbangannya adalah para pemain harus menjalani kamp pelatihan dulu sebelum Olimpiade, dan setelah bertanding mereka juga harus istirahat. Itu akan sangat lama. Jadi menurut saya, kecil kemungkinan kami berhenti. Karena bisa mengganggu jadwal untuk musim berikutnya."

Sebenarnya, timnas Amerika Serikat juga dirugikan bila NBA tidak berhenti. Karena para bintang NBA tidak bisa diturunkan, termasuk kepala pelatih Gregg Popovich yang akan memimpin mereka. Selain itu, ada beberapa negara yang juga bakal mengalami kerugian, seperti tuan rumah Jepang yang tidak bisa memainkan Rui Hachimura bila Washington Wizard lolos ke playoff musim depan. Ada pula Nigeria yang punya pemain seperti Spencer Dinwiddie, Josh Okogie, dan Al-Farouq Aminu. Perancis juga tidak bisa menurunkan Rudy Gobert, Evan Fournier, Nicolas Batum. Dan, masih banyak pemain-pemain internasional lainnya yang bisa saja absen di Olimpiade.

"Saya sendiri sadar bahwa beberapa negara akan mengalami kerugian besar bila bintangnya tidak bisa diturunkan. Tetapi kami hanya bisa berpendapat bahwa keadaan saat ini juga sulit ditebak. Kami juga tidak tahu akan seperti apa musim panas mendatang," kata Silver.

Silver juga menegaskan untuk saat ini tidak ada hitungan realistis bagi NBA. Mereka belum bisa memastikan kapan liga akan dimulai, dan apakah akan berjalan lancar seperti biasa. Bisa saja berhenti mendadak dengan tiba-tiba, seperti yang mereka alami musim ini. (tor)

Foto: The Undefeated

Komentar