IBL

Kompetisi IBL 2021 bakal lebih berwarna. Dua tim baru bakal bergabung dari Bali dan Solo. Liga punya slot dua tim untuk musim depan. Jadi dua tim tersebut dipilih dari empat tim yang mengikuti verifikasi akhir. 

Seperti yang sudah dijanjikan sebelumnya, liga bakal mengumumkan peserta baru pada awal Oktober 2020. Setelah melewati proses verifikasi yang ketat, maka diputuskan dua dari empat tim yang berminat ikut liga dinyatakan lolos. Mereka adalah klub dari Bali dan Solo.

Bila melihat kembali perkembangan liga mengenai peserta baru, ada empat tim yang mengajukan diri. Mereka adalah Bali United, Montain Gold Basketball Timika, Teruna Jayapura, dan West Bandits Solo.

Baca Juga: Empat Kandidat Klub Baru IBL Maju ke Proses Verifikasi Akhir

Inilah untuk pertama kali Pulau Dewata memiliki tim profesional putra. Karena sebelumnya ada Merpati Bali yang lebih dulu berkiprah di liga kasta tertinggi di tanah air. Sementara, Solo kembali punya tim setelah Bhineka hilang karena merger dengan klub Stadium pada tahun 2009 silam.

"Setelah mendengar presentasi dan melakukan verifikasi, kami putuskan tim asal Bali dan Solo sebagai dua anggota baru yang akan ikut berkompetisi dalam IBL 2021," kata Direktur Utama IBL, Junas Miradiarsyah.

"Slot kami untuk musim kompetisi depan hanya bisa menambah dua klub. Dua klub ini terpilih berdasarkan presentasi dan verifikasi dan penilaian ketat. Keempat tim semua memiliki potensi."

Secara umum kedua klub terpilih dinilai memiliki visi dan misi bagus, serta berpengalaman dalam mengelola tim olahraga. Mereka juga berdomisili di Bali dan Solo, dua kota yang menurut liga punya nilai sejarah yang menarik dalam bola basket. Ini bisa meningkatkan pangsa pasar IBL untuk ke depan.

"Keduanya juga sudah memiliki badan usaha berbentuk Perseroan Terbatas yang sudah berjalan bagus," ujarnya.

Kedua klub tersebut masih belum menentukan nama secara resmi. Karena nama untuk proses verifikasi akan berubah. Kemungkinan besar mereka akan menambahkan nama sponsor atau bisa juga menggunakan nama baru. Jadi untuk saat ini, baru kotanya saja yang diumumkan.

Selamat Datang di IBL.(tor)

Foto: IBL

Komentar