IBL

Kekalahan 116-98 atas Los Angeles Lakers di gim pertama final NBA 2020 bukanlah hal terburuk yang Miami Heat alami pada Rabu, 30 September 2020, waktu setempat. Selain kalah, Heat harus menerma pukulan telak bahwa tiga pemain andalan mereka mengalami cedera. Jimmy Butler cedera engkel di kuarter dua tapi memutuskan tetap bermain di sisa gim. Bam Adebayo cedera bahu di kuarter tiga dan langsung ke ruang ganti sedangkan Goran Dragic sudah tak ada di lapangan sejak jeda paruh babak. Dragic awalnya disebut cedera kaki kiri saja.

Beberapa waktu setelah gim selesai, hasil pemeriksaan menyebutkan bahwa Dragic mengalami cedera torn plantar fascia. Plantar fascia adalah jaringan tisu yang ada di telapak kaki yang berguna menghubungkan jari-jari kaki kita dengan tumit. Mengingat laporannya adalah torn, maka seharusnya jaringan tersebut mengalami robek.

(Baca juga: Hancurkan Pertahanan Zona Heat, Lakers Menangi Gim Pertama Final NBA 2020)

Cedera seperti ini sebenarnya cukup menyakitkan. Namun, laporan tambahan ESPN menyebutkan bahwa Dragic masih bisa berjalan dengan baik. Hal ini membuat status Dragic di sisa Final NBA 2020 masih mengambang. Heat belum memastikan Dragic tidak akan kembali bermain, tapi juga tak dapat menentukan kapan ia akan kembali.

Kabar ini bisa dibilang adalah pukulan telak untuk Heat. Pasalnya, Dragic sedang menjalani masa terbaik mungkin di kariernya (selain terpilih All Star) dan memimpin Heat untuk top skor di playoff serta peringkat dua di asis per gim. Dargic menorehkan 20,9 poin dan 4,7 asis per gim dalam 15 gim playoff yang ia mainkan.

Meski berat, Heat harus segera mencari jawaban atas ini. Heat punya dua opsi untuk mengisi posisi Dragic. Tyler Herro yang tampil apik selama playoff meski selalu turun dari bangku cadangan bisa menjadi opsi. Herro juga menunjukkan bahwa ia bukan hanya sekadar penembak jitu selama di “gelembung ini.

Pilihan lainnya juga ruki, Kendrick Nunn. Menariknya, Nunn sebenarnya adalah garda pilihan utama Heat. Nunn tampil 67 gim di musim reguler dan semuanya sebagai pemain utama. Namun, ia datang terlambat ke “gelembung” dan Dragic yang mengisi posisinya tampil istimewa hingga akhirnya menit bermain Nunn tergerus. Di gim tadi, Nunn tampil 19 menit mencetak 18 poin dan 5 rebound dari 8/11 tembakan. (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar