IBL

Final NBA 2020 resmi dimulai pada Rabu, 30 September 2020, waktu setempat. Los Angeles  Lakers yang lebih diunggulkan di duel ini di luar dugaan justru tampil lesu di awal gim. Miami Heat mengambil insiatif lebih dulu dan sempat unggul 13 poin. Sayangnya, setelah itu keadaan benar-benar berbalik. Lakers perlahan mengambil keunggulan bahkan sempat membuka jarak hingga 32 poin di kuarter tiga. Jarak lebar tersebut tak mampu dikejar oleh Heat dan Lakers memenangi gim pertama dengan skor akhir 116-98.

Ini jadi kali pertama Heat kehilangan gim 1 di seluruh perjalanan mereka di playoff NBA 2020. Pertahanan zona yang selama playoff ini terbukti moncer ternyata bisa dihancurkan oleh Lakers. Buruknya lagi, Lakers menghancurkan sistem ini dari semua arah, tripoin, area kunci, offensive rebound, dan tembakan gratis. Lakers memasukkan 40 persen tripoin (15/38), 45 persen secara keseluruhan (38/84), meraup 9 offensive rebound, dan memasukkan 25/27 (93 persen) tembakan gratis.

Anthony Davis jadi sosok yang paling tidak bisa dihentikan pemain Heat. Selama 38 menit, Davis mencetak 34 poin, 9 rebound, 5 asis, dan 3 blok. Ia memasukkan 11/21 tembakan (53 persen) dan sempurna 10/10 dari tembakan gratis. LeBron James nyaris tripel-dobel dengan 25 poin, 13 rebound, dan 9 asis. LeBron enam kali melakukan tembakan gratis dan hanya gagal sekali. Kentavious Caldwell-Pope, Danny Green, dan Alex Caruso masing-masing menambahkan 13, 11, dan 10 poin.

Dari Heat, selain pertahanan mereka yang dihancurkan Lakers, serangan mereka terus menurun selepas kuarter pertama. Akurasi tripoin Heat cukup buruk dengan hanya 31 persen (11/35). Angka ini sendiri sudah tertolong tripoin di menit-menit akhir pertandingan kala Lakers sudah mulai merotasi pemain. Jimmy Butler jadi top skor dengan 23 poin dan 5 asis. Kendrick Nunn yang baru turun di kuarter tiga mencetak 18 poin dan 5 rebound selama 19 menit. Tyler Herro 14 poin sedangkan Jae Crowder 12 poin.

Kabar buruk bagi Heat di gim ini adalah tiga andalan mereka mengalami cedera. Goran Dragic cedera kaki dan tak lagi ada di lapangan di paruh kedua. Bam Adebayo cedera bahu dan juga tak lagi bermain sejak kuarter empat. Jimmy engkelnya sempat bermasalah di kuarter dua tapi terus bermain di sisa gim. Dragic dan Adebayo akan menjalani pemeriksaan lebih lanjut.

Lakers unggul (1-0) dan gim 2 akan digelar lusa. (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar