IBL

LeBron James membuktikan kata-katanya bahwa dirinya akan membawa Los Angeles Lakers ke tempat yang seharusnya mereka berada, yaitu final NBA. Sabtu malam, 26 September waktu setempat, menjadi malam yang indah bagi tim Lakers, karena mereka kembali ke tampil di final setelah 10 musim. LeBron James juga mencetak beberapa rekor fantastis di malam istimewa tersebut.

LeBron James di gim kelima, atau gim kemenangan Lakers, mencetak 38 poin, 16 rebound, dan 10 asis. LeBron menjadi pemain berusia 35 tahun atau lebih yang mencetak empat tripel dobel dalam satu edisi playoff. Di bawahnya ada tiga pemain dengan tiga tripel dobel, yaitu Chris Paul, John Stockton, dan Elgin Baylor.

James memiliki rekor 15 kali triple dobel dengan 30 poin atau lebih di babak playoff. Dia berada di urutan pertama, dan memimpin rekor tersebut. Meski dua rekor dibawahnya digabung, James tetap tak terkalahkan. Karena Oscar Robertson membuat 8 kali rekor yang sama, dan Russell Westbrook punya 6 kali.

LeBron James saat ini punya catatan 27 gim final NBA. Tentunya rekor tersebut bakal bertambah ketika dirinya bermain di final NBA 2020. Sementara untuk jumlah penampilan di seri final NBA, James akan membuat penampilan ke-10. Dia bergabung dengan Bill Russell, Sam Jones, dan Kareem Abdul-Jabbar yang juga pernah tampil dalam 10 edisi final NBA.

Fakta lainnya, James selalu tampil di final NBA sejak 2011 hingga 2018, kemudian cedera di musim playoff 2010. James akhirnya kembali ke final NBA di tahun 2020.

"Saya pernah menyaksikan seorang pria mengambil alih permainan seperti yang dilakukan James di kuarter keempat. Dia (James) memiliki beban di pundaknya sepanjang tahun. Semua orang memiliki keraguan. Pindah dari Wilayah Timur ke Wilayah Barat. Dia benar-benar luar biasa, dan melakukannya dengan tim ketiganya," kata kepala pelatih Frank Vogel.

Sementara itu, setelah malam ini, Lakers menjadi tim terbanyak tampil di final NBA dengan 32 kali. Mereka bahkan bisa menyamai dua rekor dibawahnya, bila digabungkan. Boston Celtics berada di bawah Lakers dengan 21 kali final NBA, dan Warriors mencetak rekor 11 kali final NBA. Bila jumlah rekor keduanya digabung, baru bisa menyamai catatan Lakers.

Namun di samping LeBron James yang fantastis, ada pula Anthony Davis. Pemain yang bergabung dengan Lakers musim 2019-2020 tersebut menjadi pemain Lakers yang mencetak rata-rata 30 poin atau lebih dengan 50 persen akurasi tembakan atau lebih di final konferensi sejak 1963. Di atas Anthony Davis ada Kareem Abdul-Jabbar, James Worthy, Shaquille O'Neal, dan Kobe Bryant.

Menariknya, James duduk di lantai saat rekan-rekannya merayakan pesta lolos ke final di lapangan dan confetti diturunkan. James mengatakan bahwa itu belum berarti apa-apa kalau tidak mendapatkan cincin juara.

"Pekerjaan belum selesai. Satu langkah lagi dekat dengan tujuan," kata LeBron James sembari keluar dari arena pertandingan.

Lakers akan menunggu tim lawannya di final NBA 2020. Saat ini, Miami Heat masih memimpin 3-2 atas Boston Celtics. (tor)

Foto: NBA

Komentar