IBL

Boston Celtics akan menghadapi Miami Heat dalam Final Wilayah Timur Playoff 2020. Sebegai tim, Celtics ingin membuktikan bahwa mereka bisa lolos ke Final NBA. Tetapi bagi Kemba Walker, ini adalah misi balas dendam.

Setelah kemenangan Celtics dari Toronto Raptors di gim ketujuh Semifinal Wilayah Timur, tersebar bergabai berita dan meme sindiran terhadap penampilan Kemba Walker. Dia memang tidak dalam performa terbaik dalam dua gim terakhir. Sebab, dirinya hanya mencetak sembilan poin, dengan akurasi 4 dari 17 percobaan tembakan, selama 74 menit di lapangan. Jelas ini bukan performa yang diharapkan dari seorang Kemba Walker.

Tetapi di balik itu semua, dirinya sedang menyiapkan tenaga untuk membantu Celtics di Final Wilayah Timur menghadapi Miami Heat yang akan dimulai pada Rabu, 16 September mendatang. Walker sudah sepatutnya bangga, karena ini menjadi pencapaian terbaik sepanjang kariernya. Karena sejak 2011 hingga sekarang, Walker belum pernah tampil di Final Wilayah Timur. Bahkan belum pernah sampai di putaran kedua.

Kemba Walker diambil oleh Charlotte Bobcats (sekarang Hornets) dari Draft NBA 2011. Dia menjadi pemain urutan kesembilan. Dia bermain selama delapan musim di Hornets (2011-2019). Dari rentang waktu yang begitu panjang, Walker hanya dua kali sampai di babak playoff, yaitu di tahun 2014 dan 2016.

Dari dua kesempatan tersebut, Walker mencatat 11 kali penampilan di playoff. Jumlahnya memang sedikit, karena Hornet selalu kalah di putaran pertama. Faktanya, tim yang selalu mengalahkan Hornets di playoff adalah Miami Heat.

Pada Playoff 2014, Hornets disapu Heat empat gim tanpa balas. Dari empat gim ini Walker sudah berupaya maksimal dengan memasukkan rata-rata 19,5 poin dan 6,0 asis per gim. Kemudian di Playoff 2016, lagi-lagi mereka berjumpa Heat. Kali ini Walker mengusung misi balas dendam. Ia mampu mencetak rata-rata 22,7 poin dalam tujuh pertandingan. Nyatanya, Hornets harus menerima kekalahan di gim penentuan (3-4).

Pada akhirnya mau pergi ke Boston Cetics pada 6 Juli 2019, setelah menerima tawaran kontrak empat tahun dengan nilai AS$141 juta. Celtics saat itu mencari pemain untuk menggantikan Kyrie Irving dan Al Horford yang masuk ke pasar bursa pemain bebas agen. Akhirnya, petualangan Kemba Walker bersama Celtics dimulai.

Dari 56 penampilan bersama Celtics, Walker rata-rata mencetak 19,9 poin, 3,9 rebound, dan 4,8 asis per gim, dengan akurasi tembakan mencapai 42 persen. Walker pun menjadi bagian penting dari Celtics yang menembus Playoff NBA 2020 sebagai tim unggulan ketiga, di bawah Milwaukee Bucks dan Toronto Raptors.

Pada playoff putaran pertama, Celtics menyapu bersih Philadelphia 76ers empat gim tanpa balas. Mereka bertemu Toronto Raptors sebagai juara bertahan NBA. Setelah tujuh gim yang sengit, akhirnya Celtics bisa melaju ke Final Wilayah Timur, dan bertanding melawan Miami Heat.

Baca Juga: Pertama Kalinya Boston Celtics Tak Berjumpa Tim Terbaik di Final Wilayah Timur

Di sini, Kemba Walker punya misi pribadi. Selain membantu Celtics mewujudkan mimpi mereka kembali ke Final NBA, Walker ingin mengalahkan Miami Heat. Tim yang memberinya dua kali kekalahan di playoff 2014 dan 2016. Ini akan jadi final konferensi pertama bagi Kemba Walker sepanjang kariernya di NBA.

"Saya ikut senang dengan pencapaian ini," kata kepala pelatih Celtics, Brad Stevens, ditanya mengenai Kemba Walker. "Dia pantas berada di posisinya sekarang. Dia tahu segalanya tentang bola basket. Jadi bagi saya bukan hanya tentang kontribusi saja," (tor)

Foto: NBA

Komentar