IBL

Sacramento Kings mengumumkan bahwa Vlade Divac telah mengundurkan diri sebagai manajer umum pada hari Jumat, 14 Agustus 2020 waktu Amerika Serikat. Untuk sementara, Joe Dumars yang sebelumnya menjabat Wakil Presiden Eksekutif Operasi Bola Basket, akan segera menjalankan tugas sebagai manajer umum.

"Ini adalah keputusan yang sulit, tetapi kami percaya ini adalah jalan terbaik ke depan, karena kami bekerja untuk membangun tim pemenang yang pantas didapatkan oleh penggemar setia kami," kata Pemilik dan Ketua Kings, Vivek Ranadive. "Kami berterima kasih atas kepemimpinan, komitmen, dan kerja keras Vlade, baik di dalam maupun di luar lapangan. Dia akan selalu menjadi bagian dari keluarga Raja kami."

Pada awal Maret 2015, Divac ditunjuk oleh Sacramento Kings sebagai wakil presiden operasi bola basket. Kemudian pada Agustus 2015, Divac dipromosikan sebagai manajer umum. Banyak keputusan yang dibuat Divac menimbulkan kontroversi, seperti saat memecat George Karl sebagai kepala pelatih pada tahun 2016.

Upaya Divac membangun Kings sebenarnya sudah bagus. Pada 2016, keputusannya menukar Marquess Chriss dengan Bogdan Bogdanovic juga punya dampak bagi tim. Kemudian memilih De'Aaron Fox pada Draft 2017 juga bisa dirasakan manfaatnya. Termasuk mendatangkan Luke Walton untuk menjadi kepala pelatih musim ini. Sayangnya, musim ini Kings gagal di persaingan playoff. Menjadi tim yang paling panjang tanpa playoff di NBA. Kings belum pernah masuk playoff dalam 14 tahun terakhir. Kings hanya mencetak rekor pertandingan 31-41 di NBA 2019-2020.

"Merupakan suatu kehormatan dan hak istimewa untuk melayani sebagai manajer umum Kings," kata Vlade Divac. "Saya ingin berterima kasih kepada Vivek atas kesempatannya dan mengakui semua kolega luar biasa yang sangat senang bekerja dengan saya selama masa jabatan saya. Sacramento dan Kings akan selalu memiliki tempat khusus di hati saya, dan saya berharap mereka semua bisa lebih baik ke depan."

Kings akan bekerja dengan Joe Dumars untuk mengembangkan strategi jangka panjang untuk struktur operasi bola basket organisasi, termasuk pencarian untuk manajer umum tetap. Tidak ada keputusan personel lebih lanjut yang akan dibuat sampai manajer baru ditetapkan.

"Joe telah menjadi penasihat yang tepercaya dan berharga sejak bergabung dengan tim tahun lalu, dan saya bersyukur dia mengambil peran ini pada waktu yang penting untuk waralaba," kata Ranadivé.

Pada Juni 2019, Joe Dumars ditunjuk sebagai Penasihat Khusus untuk manajer umum dan memiliki lebih dari 30 tahun pengalaman NBA baik sebagai pemain dan eksekutif kantor depan selain latar belakang bisnis eksekutif yang luas. (tor)

Foto: Kings

Komentar