IBL

Luke Walton tidak memerlukan waktu lama untuk mendapatkan pekerjaan baru. Setelah berpisah dengan Los Angeles Lakers pada Jumat lalu, ia dikabarkan merapat ke Sacramento Kings. Walton akan menjadi kepala pelatih mereka setelah tim asal Sacramento itu memecat Dave Joerger.

Menurut laporan Sam Amick, The Athletic, Walton telah bertemu dengan Manajer Umum Kings Vlade Divac pada Sabtu ini. Mereka membicarakan kontrak untuk meresmikan perekrutan. Namun, kontrak itu sendiri belum sempat disebutkan. Kabarnya Walton akan menjadi kepala pelatih hingga 2022-2023.

Dengan bergabungnya Walton ke Kings, itu artinya sang pelatih akan reuni dengan Divac. Keduanya sempat bekerja sama ketika masih bermain untuk Lakers pada 2004-2005. Saat itu, Divac tampil di musim terakhirnya di NBA.

Kini Walton harus kembali bekerja sama dengan Divac untuk menangani Kings. Tim asal Sacramento itu sudah lama tidak pernah menembus playoff. Mereka absen selama 13 musim beruntun. Namun, Walton bisa bekerja sama dengan pemain muda seperti De’Aaron Fox, Buddy Hield, dan Marvin Bagley III. Divac menyediakan tim yang menjanjikan.

Walton sebenarnya memiliki karier yang buruk selama tiga musim terakhir. Ia gagal mengantarkan Lakers ke playoff selama itu. Padahal Walton punya amunisi sekelas LeBron James di musim terakhirnya pada 2018-2019. Namun, badai cedera dan segala drama membuatnya kesulitan sepanjang musim.

Walton meninggalkan Lakers dengan rekor 98-148. Mereka lebih sering kalah daripada menang di bawah asuhan Walton. Manajemen pun memutuskan untuk berpisah dengan Walton. Sang pelatih juga setuju untuk pergi meski menyisakan kontrak dua musim lagi.

Kini Walton punya hari baru. Meski baru saja berpisah, ia sudah mendapat tantangan lagi. Walton akan menangani tim seklas Kings yang tidak pernah tampil di playoff selama lebih dari satu dekade. Para pendukung Kings tinggal menunggu waktu sampai kesepakatan Walton dan Kings resmi. (GNP)

Foto: NBA

Komentar