IBL

Sacramento Kings dan Manajer Umum Monte McNair sepakat untuk memperpanjang kontrak. Selain itu, kesepakatan tersebut juga berlaku untuk asisten manajer umum Wex Wilcox. Keduanya menjadi bagian Kings sejak 2020 dan berjasa atas peningkatan performa tim beberapa tahun terakhir.

“Sejak bergabung dengan Kings, Monte dan Wes telah terbukti sebagai pembuat keputusan yang bijaksana dan strategis. Mereka telah menunjukkan kemampuan melaksanakan visi jangka panjang tim. Pekerjaan berlanjut dan saya memiliki keyakinan ini akan mendorong upaya kami selanjutnya,” kata Vivek Ranadive, pemilik Kings dalam keterangan resminya.

McNair berasal dari Oak Park, California. Ia merupakan lulusan salah satu kampus Ivy League yaitu Princeton University dan mengambil jurusan ilmu komputer. Sebelum bergabung dengan Kings, McNair berada di manajemen Houston Rockets selama 13 tahun. Masuk sejak 2007, McNair menjadi asisten manajer umum pada 2018. Selama berada di Rockets, McNair membantu mencapai playoff delapan kali beruntun termasuk dua kali final Wilayah Barat.

McNair direkrut setelah Vlade Diva mengundurkan diri. Saat itu tugas McNair dan Wilcox cukup berat. Kings belum pernah lolos playoff sejak 2006. Dalam beberapa musim belakang, McNair membuat langkah strategis. Hasilnya saat ini King menempati posisi ketiga klasemen sementara Wilayah Barat dengan rekor 27-19. Tampaknya penantian Kings kembali ke playoff segera berakhir.

Beberapa keputusan penting McNair adalah mengambil Tyrese Halliburton, pilihan ke-12 NBA 2020, kemudian mengirimkannya ke Indiana Pacers demi mendapatkan Domantas Sabonis. Langkah itu dianggap kontroversial tapi saat ini menjadi keuntungan bagi Kings.

Kemudian pada Mei 2022 lalu Kings merekrut Mike Brown sebagai pelatih kepala. Brown merupakan pelatih ke-12 King sejak 2006. Pelatih terakhir yang membawa King masuk playoff adalah Rick Adelman.

Brown pernah membawa Cleveland Cavaliers mencapai final NBA 2006-07. Ia dinobatkan sebagai Pelatih Terbaik 2009. Kemudian menjadi asisten pelatih Steve Kerr di Golden State Warriors pada 2016-2022 dan ikut merasakan empat gelar juara. Rekor Brown dengan Kings saat ini adalah 46-27. (rag)

Foto: NBA

Komentar