IBL

Ada begitu banyak pemandangan berbeda di lanjutan NBA musim 2019-2020. Salah satunya ada gaya busana pelatih. Selama ini mereka selalu memakai jas, tapi sekarang diizinkan berpakaian lebih santai. Ini membuat mereka lebih nyaman dan tampak senang dengan keputusan liga tersebut.

Seorang pelatih NBA punya anggaran khusus untuk berbelanja setelan jas, termasuk juga menyiapkan anggaran dry cleaning. Itu semua karena ada aturan bahwa setiap pelatih diminta memakai jas, berdasi, sepatu hitam saat memimpin timnya berlaga.

Tetapi pada awal lanjutan NBA di Walt Disney World Resort, tampaknya aturan itu berubah. Para pelatih tampil lebih santai dengan baju polos, celana panjang, bahkan sneaker. Ini membuat mereka senang. Salah satunya Taylor Jenkins yang kini menjadi nakhoda Memphis Grizzlies.

"Saya menghabiskan banyak uang untuk membeli pakaian saat pertama kali menjadi pelatih. Saya berinvestasi cukup banyak untuk hal itu. Tapi setidaknya sekarang kami bisa menghemat dry cleaning selama musim berjalan," katanya.

Aturan berpakaian ini direvisi ketika NBA dilanjutkan. Alasannya, tidak ada penggemar di tribun, dan yang kedua, di "gelembung" NBA suhunya melebihi 32 derajat Celcius untuk siang hari. Sehingga pelatih bisa merasa kepanasan.

Tetapi aturan baru ini benar-benar tidak memberi batasan bagi pelatih. Mereka bisa mengenakan polo shirt polos lengan pendek, lengan panjang, ada yang warnanya senada dengan tim, ada yang memilih warna cerah. Seperti ketika gim Toronto Raptors mengalahkan Los Angeles Lakers. Kepala Pelatih Nick Nurse mengenakan hoodie tipis dengan pesan sosial yang tercetak di bagian depan.

"Saya menyukainya," kata Michael Malone, kepala pelatih Denver Nuggets. "Saya berharap suatu hari nanti liga mengadopsi aturan berpakaian seperti di "gelembung" ini. Meski sangat bagus dengan setelan jas dan dasi, tapi saya akui mengenakan polo shirt dan celana olahraga membuat saya sangat nyaman."

Di NBA sendiri, aturan berpakaian berubah ketat karena Presiden Miami Heat Pat Riley dan mendiang Chuck Daly. Riley, ketika masih aktif sebagai pelatih, mempimpin tim dengan memakai setelan bermerek seperti Armani, sedangkan Daly selalu memakai Hugo Boss. Setelah Daly meninggal, Rollie Massimino menambil koleksi sepatu temannya dan memakainya untuk sisa karier kepelatihannya.

"Saya tidak tahu mengapa kami masih memakai jas," kata pelatih San Antonio Gregg Popovich musim panas lalu, ketika ia melatih timnas Amerika Sertikat di Piala Dunia FIBA 2019 di China. "Seseorang, tolong, katakan padaku mengapa kita melakukan itu."

Popovich dikenal sebagai pelatih yang memprotes aturan tersebut. Bahkan Popovich lebih sering memakai sneaker saat mendampingi timnya berlaga. Tampaknya, aturan berpakaian di Disney World ini benar-benar sesuai dengan apa yang diinginkan Popovich ketika "normal" kembali. (tor)

Foto: NBA

Komentar