IBL

Setiap orang punya pandangan berbeda terhadap penularan virus korona. Termasuk orang-orang di lingkungan NBA. Namun liga berupaya untuk menjaga area terbatas mereka tetap bersih dari penularan virus tersebut. Salah satu yang terkesan dengan usaha NBA ini adalah Monty Williams, kepala pelatih Phoenix Suns. Dirinya kini yakin semuanya aman di dalam gelembung tersebut.

NBA menyebut area terbatas di Walt Disney World Resort sebagai gelembung (bubble). Tempat yang disiapkan untuk menampung 22 tim peserta yang akan melanjutkan kompetisi musim 2019-2020. Maksudnya, area tersebut benar-benar dijaga ketat dan dipastikan tidak terjadi penularan virus korona yang selama ini menghantui. Memang tidak semua orang di lingkungan NBA yakin dengan usaha NBA tersebut. Seperti cerita Monty Williams.

Suns merupakan tim yang masuk area terbatas pada gelombang pertama. Mereka kini sudah berlatih dan sampai sekarang para pemain dan staf tetap berada dalam kondisi yang baik. Sama sekali tidak terjadi hal-hal yang mengkhawatirkan. Padahal sebelumnya, Monty sempat ragu dengan tempat tersebut.

"Saya masuk ke area ini dengan sedikit ragu. Mencoba mencari tahu bagaimana NBA memastikan kami semua tetap aman," kata Monty Williams, dalam panggilan video dengan media olahraga Amerika Serikat.

Pegalaman menarik disampaikan Williams. Kini dirinya punya banyak barang yang harus dibawa, dan melekat dalam tubuhnya. Ada gelang untuk masuk ke kamar hotel. Gelang tersebut semacam alat pelacak yang membantu NBA mengetahui siapa saja yang kontak dengan pemakainya.

"Ya ampun, saya sekarang punya banyak barang yang dibawa. Jadi ke mana pun kami pergi, kami harus check-in dan check-out," ungkapnya.

Williams juga mendapatkan "smart ring". Benda yang bisa memantau kualitas tidur, denyut nadi, pergerakan pemakainya, suhu dan kadar oksigen. Benda tersebut diharapkan bisa menangkap gejala Covid-19 lebih awal. Uniknya, perlengkapan tersebut berbunyi, semacam alarm, bila pemakainya terlalu lama berada di jarak kurang dari dua meter dengan pemakai lainnya.

Setelah melihat semua alat canggih serta prosedur kesehatan yang dibuat NBA, kini dirinya yakin bahwa gelembung yang dibuat untuk mereka benar-benar aman. Williams juga tidak berada di dalam kamar, seperti yang diceritakan orang-orang. Bahkan dirinya bisa berjalan-jalan di area-area yang memang disiapkan sebagai tempat refreshing.

"NBA telah memberi kami kenyamanan dan keamanan. Ketika datang dan melihat semua perlengkapan yang kami pakai. Ini cukup mengesankan. Saya bisa berjalan-jalan dan bertemu dengan rekan-rekan dari tim lain," katanya.

Saat ini Williams dengan nada bercanda sedang menanyakan kepada NBA, apakah danau Walt Disney ada ikannya. Sebab bila diizinkan, maka Williams akan pergi ke danau tersebut untuk memancing. Hobi yang selalu dijalaninya untuk melepaskan penat dari kesibukan sebagai pelatih NBA. (tor)

Foto: NBA

Komentar