IBL

Duel Los Angeles jadi partai yang ditunggu-tunggu di hari pembuka lanjutan NBA 2019-2020, Kamis malam, 30 Juli 2020, waktu setempat. Sesuai prediksi, keduanya tampil ngotot bak sebuah pertandingan playoff. Lakers unggul di kuarter pertama, Clippers lantas membalas di kuarter dua dan bertahan hingga kuarter tiga. Sayangnya, di kuarter empat, solidnya pertahanan Lakers membuat Clippers kesulitan. Ditambah layup kemenangan LeBron James di sisa 12 detik, Lakers akhirnya menutup gim dengan kemenangan 103-101.

Setelah layup dari LeBron, Clippers sebenarnya punya peluang untuk menyamakan kedudukan atau bahkan memenangkan pertandingan. Namun, sekali lagi, pertahanan solid Lakers membuat duo andalan Clippers, Kawhi Leonard dan Paul George kesulitan menemukan celah untuk menembak hingga waktu berakhir.

Meski LeBron membawa Lakers menang dengan layup terakhirnya, top skor Lakers sekaligus top skor gim ini adalah kompatriotnya, Anthony Davis. Selama 35 menit bermain, Davis mencetak 34 poin, 8 rebound, dan 4 asis. Davis sangat produktif dan efektif di area tembakan gratis (free throw). Ia mendapatkan kesempatan 17 kali dan memasukkan 16 di antaranya. Dua catatan tersebut merupakan yang tertinggi di gim.

LeBron sendiri mencetak dobel-dobel 16 poin, 11 rebond, dan 7 asis. Sumbangsih besar dari bangku cadangan dari Kyle Kuzma. Selama 32 menit, ia mencetak 16 poin dan 7 rebound. Ia memasukkan 4/7 tripoin. Dion Waiters menutup daftar pencetak angka digit ganda Lakers dengan 11 poin plus 3 rebound selama 21 menit.

Bergeser ke Clippers, absennya Lou Williams dan Montrezl Harrell membuat mereka bergantung sepenuhnya pada Kawhi dan PG. PG jadi top skor tim dengan 30 poin, 5 rebound, 3 asis, dan 3 steal. Dari 11 kali percobaan tripoin, ia memasukkan enam di antaranya. Termasuk di dalamnya adalah tripoin di sisa 28 detik yang menyamakan kedudukan 101 sama.

Kawhi menyusul dengan 28 poin, 3 rebound, 4 asis, 2 steal, dan 2 blok. Sayangnya, 19 dari seluruh poin Kawhi tercipta di paruh pertama. Kawhi kesulitan menemukan celah menembak di paruh kedua atas pertahanan yang baik dari Lakers. Reggie Jackson menambahkan 10 poin, 6 rebound, dan 4 asis sedangkan Patrick Beverley yang hari ini turun dari bangku cadangan membukukan 12 poin.

Hasil ini membuat Lakers meraih kemenangan ke-50 mereka dan semakin dekat untuk mengukuhkan status unggulan pertama (first seed) Wilayah Barat. Mereka berjarak tujuh kemenangan dengan Clippers yang berada satu tingkat di bawah mereka. Selain itu, hasil ini juga membawa Lakers menyamakan rekor pertemuan kedua tim musim ini. Di empat pertemuan, keduanya berbagi dua kemenangan dengan Clippers memenangi dua pertama dam Lakers dua terakhir.

Lakers akan kembali bermain, Sabtu, 1 Agustus 2020, waktu setempat, melawan Toronto Raptors. Di hari yang sama, Clippers akan jumpa New Orleans Pelicans. (DRMK)

Foto: NBA

Komentar