IBL

Perbincangan mengenai siapa peraih gelar individu di NBA semakin kencang semenjak NBA memastikan bahwa sisa laga lanjutan di Orlando tidak akan masuk hitungan penilaian. Sejauh ini, dari lima gelar individu yang tersedia, praktis hanya gelar Rookie of the Year yang tidak memiliki perdebatan. Hampir semua pihak sepakat bahwa ruki Memphis Grizzlies, Ja Morant, layak pulang dengan gelar tersebut.

(Baca juga: Prediksi Calon Pemenang Gelar Individu NBA)

Untuk gelar pemian terbaik atau Most Valuable Player (MVP), kandidat mengerucut pada dua nama saja, Giannis Antetokounmpo dan LeBron James. Keduanya sama-sama membela tim yang kini berada di puncak klasemen sementara dua wilayah NBA. Kedua tim juga dijagokan menjadi juara atau masuk ke final masing-masing wilayah. Penampilan keduanya di setiap gim rasanya tak perlu diragukan lagi. Kini pemilihan bisa didasarkan dari sudut pandang masing-masing pemilik suara nantinya.

Melihat hal ini, bintang Portland Trail Blazers, Damian Lillard, juga ikut berkomentar. Dalam acara bincang-bincang “Dan Patrick Show” yang dilakukan secara virtual karena Lillard sedang di dalam “gelembung” NBA, pemain bernomor punggung ini mengutarakan pendapatnya tentang siapa yang layak meraih gelar MVP musim ini.

(Baca juga: Los Angeles Lakers dan Tuah Gelar Juara Akhir Dekade)

“Saya tidak merasa kita bisa salah memilih antara Giannis atau LeBron. Namun, di dalam pandangan saya, LeBron layak menjadi MVP,” buka Lillard. “Alasannya, Lakers sekarang adalah peringkat satu di Wilayah Barat dan saya rasa LeBron menjalani musim yang sangat dominan untuk seorang pemain yang memainkan musim ke-17.”

“Dia memimpin liga untuk rataan asis per gim. Seperti yang saya ungkapkan sebelumnya, Lakers berada di urutan pertama Wilayah Barat dan level permainan mereka sebelum hiatus benar-benar luar biasa. Sekali lagi, Anda tidak akan salah memilih Giannis atau LeBron. Tetapi, saya memilih LeBron karena ia berhasil mengubah Lakers yang bukan tim playoff dalam beberapa tahun terakhir menjadi unggulan utama gelar juara. Saya tahu ada Anthony Davis juga di sana, tapi saya pikir LeBron layak mendapat gelar MVP,” tutupnya.

LeBron menorehkan rataan 10,6 asis per gim dan memimpin liga atas catatan itu. Ini jadi kali pertama LeBron memimpin statistik untuk asis sepanjang kariernya. Ini juga menjadi musim pertama LeBron menghabiskan lebih banyak waktu bermain sebagai point guard. Di sisi lain, LeBron sendiri sudah memiliki empat gelar MVP di rumahnya. Setiap tim yang ia bela, mendadak langsung menjadi tim yang ditakuti lawan. Kali ini, ia akan mencoba menakut-nakuti lawan dengan seragam ungu dan emas. (DRMK)

(Baca juga: LeBron James dan Dominasinya di Babak Playoff)

Foto: NBA

Komentar